4 Kegiatan Sederhana, Memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia Meski di Rumah Aja

Friday, 13 August 2021

Perayaan Hari Kemerdekan Republik Indonesia biasanya digelar dengan meriah, baik di kota maupun di desa-desa. Namun perayaan agustusan kali ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi virus COVID-19. Dengan adanya wabah ini, masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan. Hal ini tentu berimbas pada kegiatan perayaan hari kemerdekaan untuk menumbuhkan spirit yang dulu dilakukan oleh para pahlawan menular kepada generasi saat ini.

Namun, sebenarnya kita bisa merayakan kemerdekaan dari hal-hal sederhana, yang nyata dan dekat dengan lingkungan sendiri, yakni rumah. Apalagi di masa pandemi seperti ini, meyakini kemerdekaan dengan melakukan gerakan di rumah saja cukup relevan. Berikut beberapa rangkuman kegiatan yang dapat kalian lakukan untuk merayakan dan memaknai kemerdekaan dari rumah saja:

 

  1. Nonton film dan bercerita kisah heroik para pahlawan Indonesia

Memutar ulang film heroik para pahlawan Indonesia mengingatkan kita bagaimana para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan. Selain menghibur, Kita akan lebih memahami makna di balik perayaan 17 Agustus dan menumbuhkan rasa nasionalisme. Selain itu, kita juga dapat menghargai jasa para pahlawan dengan selalu mendoakan mereka serta bersikap baik dan saling menghargai satu sama lain.

 

  1. Meriahkan lomba dari rumah

Hari kemerdekaan tak harus melulu tentang panjat pinang, balap karung dan makan kerupuk yang diadakan di lapangan. Sebagai alternatif kita juga dapat mengadakan perlombaan kecil-kecilan yang bersifat menghibur bersama anggota keluarga seperti lomba memindahkan air, lomba mencocokan sandal, lomba memindahkan karet dengan sedotan, dan masih banyak lagi.

 

  1. Berkreasi dengan si kecil

Selain mengikuti lomba, tentu banyak aktivitas lain yang tidak kalah menantang dan menarik. Ajaklah si kecil untuk membuat kreasi yang berhubungan dengan tema tujuh belasan. Kalian juga bisa melombakan hasil kreasi si kecil agar lebih menantang. Kegiatan ini tentu akan meningkatkan kreativitas sekaligus daya juang anak!

 

  1. Memaknai dengan melakukan hal yang positif

Kita semua pasti tahu mana yang baik dan mana yang buruk, akan tetapi rasa malas yang saat ini hinggap di pikiran, mengalahkan jiwa patriot yang seharusnya dipupuk sampai akhir hayat. Para pahlawan dengan alat-alat perang sederhana (bambu runcing) bisa mengalahkan senjata yang sudah modern saat itu, bukan karena keberuntungan, tapi karena tekad dan kemauan yang kuat. Kita sebagai generasi saat ini juga dapat melakukan hal yang positif untuk menumbuhkan rasa nasionalisme seperti dengan giat bekerja dan terus belajar menjadi salah satu upaya kita demi memajukan serta meningkatkan eksistensi bangsa dan negara.

 

Di satu sisi perayaan kemerdekaan seperti ini mungkin akan terasa hambar, namun di sisi lain hal ini membawa pelajaran berharga bagi kita bahwa untuk memaknai kemerdekaan bukan hanya sekedar dengan berkumpul di tanah lapang bersama puluhan bahkan ratusan orang untuk menyaksikan dan mengikuti berbagai rangkaian perlombaan, tetapi lebih pada aksi nyata yang harus kita lakukan untuk memajukan bangsa.

Selain itu, dengan adanya momentum perayaan hari kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19 ini, kita yang awalnya tidak memiliki cukup waktu untuk berada di rumah, dapat lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga untuk meningkatkan kebersamaan dan kekompakan.