5 Alasan Pentingnya Mengasah Soft Skill

Friday, 2 July 2021

Dewasa ini kita seringkali dihadapkan dengan pertanyaan mengenai apa saja kemampuan untuk menunjang pekerjaan. Di sisi lain, tidak sedikit pula orang beranggapan kemampuan akademik berperan sangat signifikan dalam dunia kerja dan untuk pengembangan karir. Padahal kenyataannya, dalam dunia kerja kemampuan akademis hanya sebagai dasar dan untuk melengkapi syarat akademik untuk masuk di perusahaan itu sendiri. Pada praktik  kesehariannya, soft skill malah menjadi kemampuan internal yang harus dimiliki oleh tiap individu yang ada di dunia kerja. Soft skill menjadi sangat penting dan akan mendukung proses dalam meniti karir. Apa alasannya? 

  1. Hidup di era yang kompetitif

Zaman terus berkembang dan seiring berjalannya waktu akan terjadi pergeseran pada segala hal dari yang konvensional ke arah digital. Sebagai contoh sederhana, saat ini kita dapat dengan mudah belanja melalui marketplace tanpa harus datang ke tokonya. Dengan adanya pergeseran ini, teknologi akan berpengaruh besar terhadap standar dan peluang kerja, dan keterampilan soft skill akan mempermudah kita untuk dapat memperhatikan setiap peluang yang datang.

  1. Pentingnya loyalitas konsumen bagi bisnis

Salah satu soft skill yang paling penting adalah kemampuan komunikasi. Strategi komunikasi yang efektif dapat mendorong loyalitas konsumen dan klien perusahaan. Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu bisnis dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Oleh karena itu, kemampuan ini menjadi aset penting bagi setiap bisnis.

  1. Diversitas budaya di tempat kerja

Era modern ditandai dengan meningkatnya tren diversitas budaya di tempat kerja. Alhasil, pastinya kita akan menemukan karyawan dengan beragam latar belakang, baik agama, ras, kewarganegaraan, jenis kelamin, dan lainnya. Tanpa adanya komunikasi yang baik, diversitas budaya akan menjadi penghambat kinerja perusahaan. Sebaliknya, kemampuan komunikasi yang baik dapat membuat para karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang, mampu bekerja sama dan meminimalkan adanya konflik tak diinginkan.

  1. Jejaring relasi yang luas

Dalam proses mengasah kemampuan soft skill, kita pasti akan bertemu dengan orang baru yang mungkin memiliki minat yang serupa. Dengan begitu, kita bisa memiliki relasi atau networking yang luas. Relasi yang dijalin akan membantu dalam peluang karir ke depannya. 

  1. Leadership yang Baik

Mengasah soft skill juga akan memacu untuk menjadi leader yang baik. Dalam dunia kerja, kita tak hanya memimpin diri sendiri, tapi juga seringnya akan memimpin banyak orang. Karena itulah sangat penting bagi kita untuk memiliki kemampuan leadership yang bagus supaya nanti anda akan bisa lebih mudah dalam menjalani dunia kerja.

Setelah mengetahui soft skill itu penting dikembangkan, sudah sepatutnya kita terus melatih diri dan mengasahnya. Namun, terkadang waktu yang terbatas membuat kita kesulitan melakukan pengembangan. Untuk itu, kita dapat memanfaatkan teknologi dan menggunakan berbagai materi pelatihan yang saat ini banyak tersedia pada berbagai platform. Cek beberapa daftar platform untuk kembangkan soft skill-mu di sini.