5 Cara Melatih Diri Lebih Cepat Tanggap dalam Bekerja

Friday, 4 February 2022

Dalam dunia kerja kita tentu menginginkan adanya sosok yang memiliki integritas. Representasi dari perilaku integritas ini adalah sikap cepat tanggap dalam hal apapun utamanya dalam bekerja. Perilaku cepat sendiri merupakan penggunaan waktu yang lebih efisien dan tanggap merupakan respon dengan kemampuan antisipatif atas situasi atau persoalan yang berpotensial muncul.

 

Memiliki sikap cepat tanggap merupakan salah satu keunggulan dari seorang yang profesional. Memiliki dedikasi yang tinggi dengan sikap cepat tanggap pada pekerjaan memang membutuhkan satu tekad yang kuat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melatih diri agar cepat tanggap.

  1. Melatih Otak dengan Teka-Teki

Bermain game tidak selalu identik dengan kegiatan membuang-buang waktu. Beberapa permainan ada yang memberikan keuntungan tersendiri jika sering dimainkan. Permainan yang mengasah otak, seperti teka-teki dan menyusun potongan puzzle, diyakini bagus untuk menjaga ketajaman pikiran dan daya ingat. Bermain teka-teki sebenarnya dapat melatih otak untuk bekerja secara maksimal. Melatih otak ini tentu sangat bermanfaat untuk membangun kebiasaan cepat tanggap dalam situasi apapun setiap harinya.

  1. Menantang batasan diri

Melatih diri dengan berbagai aktivitas yang belum pernah dilakukan juga akan merangsang ketangkasan otak untuk lebih cepat tanggap. Saat kamu membiasakan diri untuk melakukan hal-hal baru secara konsisten, maka otak akan semakin terlatih dan membantumu melakukan sesuatu dengan lebih cepat serta lebih baik. 

Menantang batasan diri dapat kamu lakukan dengan melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda dari biasanya. Hal ini akan membuatmu dipaksa untuk melibatkan banyak indera agar menemukan solusi yang lain sehingga kewaspadaan atau kepekaan otak menjadi lebih terlatih.

  1. Asupan makanan bergizi

Makan makanan bergizi sangat bermanfaat bagi otak. Hal ini memang bukan hal yang baru, tetapi dapat jadi pengingat yang baik bahwa makan sehat bermanfaat bagi seluruh organ pada tubuh kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau dapat membantu menekan laju penurunan mental. Selain itu, lemak sehat seperti asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam salmon dan makanan laut lainnya dianggap bermanfaat juga bagi otak.

  1. Banyak tertawa

Ternyata banyak tertawa juga dapat meningkatkan aura positif bagi tubuh. Tertawa dapat menstimulus otak untuk meningkatkan performa dan merangsang hadirnya hormon-hormon bahagia. Kondisi positif dan hormon bahagia ini akan membantu dalam berkonsentrasi dan berpikir lebih jernih, sehingga mudah saja bagimu untuk menjadi lebih cepat tanggap dalam menyelesaikan pekerjaan.

  1. Berolahraga

Biasanya kita berolahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Namun sebenarnya dengan berolahraga, kita juga telah melatih kebugaran otak. Olahraga di sini tidak harus berupa olahraga yang berat, namun dengan jalan kaki cepat selama 15 menit, 3 kali seminggu, dipercaya dapat meningkatan fungsi otak hingga 15%.

Kebiasaan olahraga yang kamu lakukan juga akan membantu otak membuat koneksi saraf baru dengan lebih belajar lebih cepat, cepat tanggap dalam melakukan sesuatu, dan meningkatkan kewaspadaan dengan lebih baik. 

 

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk melatih diri untuk lebih cepat tanggap dalam bekerja. Hal yang perlu diingat adalah biasakan dirimu untuk bersikap positif dan melakukan segala hal yang lebih cepat serta tanggap dengan tidak menunda pekerjaan. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi ya Sobat!