5 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan Kita

Friday, 21 May 2021

Pernahkah kamu merasakan jatuh cinta? Rasanya indah dan menyenangkan ya. Tidak ada yang mengalahkan semua perasaan yang indah karena menyukai dan mencintai sesuatu. Jatuh cinta bukan hanya tentang seseorang tapi pekerjaan juga loh. Sebagian orang berusaha untuk jatuh cinta berkali-kali dengan pekerjaan yang sama agar mereka bisa bersyukur dan bahagia dengan pekerjaan yang ada di hadapannya sekarang. Tidak peduli apapun yang terjadi, nilai pekerjaan sekarang adalah hal yang sangat berarti bagi mereka. 

Mencintai pekerjaan juga dapat diartikan sebagai rasa syukur, menyukai, serta mengagumi setiap tindakan, kegiatan atau usaha yang harus diberikan pada pekerjaan yang kita miliki. Selain itu, mencintai pekerjaan artinya mau bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang akan didapatkan dari pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, kita bukan hanya mau menerima hal-hal positif atau keuntungan yang akan didapatkan dari pekerjaan tersebut, namun kita juga rela menerima segala konsekuensinya. Tapi banyak dari kita yang masih bingung bagaimana sih cara mencintai pekerjaan yang kita jalani sekarang? Yuk simak tips berikut ini! 

 

  1. Coba ingat-ingat kembali alasan menjalani pekerjaan Ini

Tarik napas dalam-dalam dan tenangkan pikiran, lalu coba renungi pada lubuk hati kita yang paling terdalam apa alasan kita bekerja ditempat tersebut. Buatlah daftar mengapa kamu harus jatuh cinta dengan pekerjaanmu, terkadang kamu perlu mengingatkan diri sendiri alasan apa yang membuat kamu memilih pekerjaan itu dan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. 

Mungkin dulu kita memilih pekerjaan saat ini karena gaji yang dibayarkan sangat tinggi, jadwal kerja yang fleksibel, visi misi perusahaan yang relevan dengan tujuan hidup, lokasi kantor yang sangat strategis, dan lain sebagainya. Daftar semua alasan itu bisa sebagai pengingat yang bisa membantu untuk mengembalikan fokus dan menemukan kembali inspirasimu. Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang membuat kamu merasa puas dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani sekarang. 

  1. Mindset positif

Cara yang paling ampuh untuk merasa jatuh cinta dengan pekerjaanmu adalah dengan selalu berpikir positif. Kepuasan kerja bermula dari dalam diri sendiri dan juga hati, untuk itu pikirkan sesuatu yang positif dalam setiap menjalaninya. Karena hal itu sangat berpengaruh untuk menikmati pekerjaanmu. Bahkan jika kamu tahu hari akan diisi dengan tugas-tugas yang banyak, penting bagi kita untuk tetap positif dan fokus. 

  1. Tingkatkan keterampilan

Kamu sedang berusaha untuk mencintai pekerjaan sekarang? Nah, membuat daftar keterampilan yang ingin ditingkatkan bisa menjadi ide yang bagus untuk diterapkan. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa masih ada banyak sekali hal-hal lain yang belum kita pelajari dan belum kita kuasai dari pekerjaan sekarang. Sehingga, masih ada banyak hal yang perlu kita eksplorasi. 

  1. Temukan cara baru

Jika merasa sulit menemukan kepuasan dalam pekerjaan, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat dilakukan untuk membuatnya lebih baik. Pikirkan cara-cara baru yang ideal dan tentukan apa yang bisa kamu ubah untuk lakukan perbaikan. Selain itu carilah peluang baru untuk bantu kamu mengembalikan semangatmu, dengan cara seperti ikut seminar atau diskusikan ide dan konsep baru dengan teman kerjamu. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kepuasan dan membuat jatuh cinta dengan pekerjaanmu saat ini. 

  1. Perluas networking

Percayalah, bekerja akan menjadi hal yang sangat membosankan jika kita tidak memiliki sesuatu untuk diperjuangkan. Dalam hal ini, kita bisa bertekad untuk memiliki networking yang seluas mungkin. Kalau bisa, semua orang di dalam perusahaan tersebut mengenal kita dengan dekat, baik di dalam departemen yang sama maupun departemen yang berbeda. Cobalah untuk lebih rajin mengikuti kegiatan atau acara yang diadakan oleh perusahaan, mengikuti seminar, atau forum diskusi yang mana kita bisa saling mengenal dengan rekan-rekan kerja dari departemen lain. Secara tidak langsung, kita sedang menambah rekan-rekan kerja yang asyik dan tentunya yang membuat kita semakin bersemangat, serta mencintai pekerjaan kita lebih dalam. 

 

Jatuh cinta dengan pekerjaanmu saat ini adalah tentang bagaimana Sobat dapat mencari tahu apa yang bisa menjadi inspirasi dan tetap berusaha untuk bisa merasa puas dengan apa yang dikerjakan. Bekerja berarti juga belajar hal yang baru. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba dan mencintai hal baru tersebut ya.  Mencintai pekerjaan dapat meningkatkan fokus dan performa, serta karir bisa melesat naik loh, jadi yuk mulai dari sekarang cintai pekerjaanmu!