Lebaran Jangan Makin Lebar-an, Yuk Manfaatkan 4 Aplikasi Ini Untuk Membantu Kelola Asupan Makananmu

Monday, 17 May 2021

Hai Sobat, bagaimana lebaran kemarin? Hayo apa saja yang sudah kalian lakukan di momen Idulfitri kali ini, pastinya makan makanan khas lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu ya. Meskipun masih dalam suasana pandemi seperti ini dan kita tidak bisa saling berkunjung, tapi tetap saja makanan khas lebaran hampir selalu tersedia di rumah kita. Umumnya makanan dan minuman khas lebaran tersebut cenderung tinggi lemak, manis dan asin. 

Contohnya saja opor ayam yang dibuat dari kaldu ayam bercampur santan yang mengandung kolesterol. Hidangan atau makanan yang bersantan biasanya mengandung lemak. Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah pasti  tidak baik untuk kesehatan. Seringkali kita tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi belum tentu berkontribusi baik untuk kesehatanmu. Agar asupan makanan dapat terjaga dan tetap sehat, ternyata ada beberapa aplikasi yang bisa membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut 4 di antaranya yang disarankan untuk dicoba! 

 

  1. FatSecret Calorie Counter

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna bisa melacak makanan yang dimakan dan berapa banyak kalori yang dibakar. Selain itu, aplikasi FatSecret Calorie Counter  juga dilengkapi dengan pemindai barcode, pelacak berat badan, dan panduan untuk referensi restoran sehat yang direkomendasikan. Pada aplikasi ini juga memiliki widget yang bisa digunakan untuk melihat resep makanan sehat. Ini sepenuhnya gratis dan direkomendasikan untuk digunakan.

  1. Fooducate

Aplikasi ini dibuat untuk memberikan cara agar dapat lebih memperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satu fitur utamanya adalah “Tantangan”, yang memungkinkan Sobat untuk menjauhi makanan tertentu demi kesehatan. Hal tersebut mencakup mengurangi konsumsi soda, mengonsumsi junk food, dan makan berlebihan saat hari raya lebaran dan malam tiba.

  1. MyFitnessPal

Masih jadi salah satu aplikasi yang paling populer, MyFitnessPal secara mengejutkan telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan nilai 4,6 di Play Store. MyFitnessPal dibekali dengan semua fitur penting seperti database dengan lebih dari 5 juta informasi makanan, sinkronisasi untuk dukungan cross-platform dan kalkulator untuk menghitung berapa banyak nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Di samping itu, aplikasi ini juga memiliki pelacak kebugaran dengan 350 macam latihan yang mencakup latihan kardio dan kekuatan.

  1. MyPlate Calorie Tracker

MyPlate Calorie Tracker tergolong menjadi aplikasi yang  baru. Aplikasi ini menyediakan hal-hal dasar seperti penghitungan kalori, pencatatan makanan, dukungan Android Wear, dukungan cross-platform dengan PC dan pemindai barcode. Terdapat pula fitur kebugaran di mana pengguna bisa merencanakan olahraga, mengintegrasikan dengan Google Fit dan melacak asupan air harian. Secara keseluruhan, MyPlate Calorie Tracker dapat melakukan tugas-tugasnya dengan sangat baik tanpa banyak masalah. 

 

Itu tadi beberapa aplikasi untuk menjaga pola makan terbaik dan bantu aktivitas diet sehat kalian. Aplikasi-aplikasi di atas juga bisa kalian gunakan untuk menjaga gaya hidup sehat dan teratur di tengah godaan makanan lebaran. Semoga bermanfaat!

Source: https://www.idntimes.com/tech/trend/arifgunawan/aplikasi-diet-terbaik/7