5 Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan yang Bantu Aktivitas Sehari-hari

Friday, 26 August 2022

Sekilas kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) hanya dapat kita lihat di dalam film fiksi. Kecerdasan buatan merupakan sistem komputer yang dirancang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sistem komputer ini ditanamkan pada perangkat lunak atau situs web agar menjalankan aktivitas sesuai pikiran (kognisi) manusia.

 

Saat ini kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. Sadar atau tidak, kecerdasan buatan ini ternyata sering kita gunakan di kehidupan kita sehari-hari. Berikut beberapa contohnya:

  1. Robot Vacuum Cleaner

Dalam beberapa tahun belakangan, penggunaan alat penyedot debu otomatis yang dapat bergerak sendiri memang sedang populer. Anda mungkin pernah melihat alat atau saat ini telah memiliki robot vacuum cleaner tersebut seperti yang ada di film atau tayangan lain di televisi.

Robot vacuum cleaner diklaim telah diciptakan dengan teknologi AI canggih yang dapat membaca situasi ruangan atau kamar tertentu dimana ia ditugaskan. Perangkat vacuum cleaner robot ini juga telah dilengkapi sensor canggih yang dapat bekerja secara robotic, sinar UVC yang dapat membersihkan lantai dari virus dan bakteri yang ada di lantai dan berbagai macam fitur canggih lainnya.

  1. Pemesanan ojek online

Saat ini banyak sekali aplikasi pemesanan ojek online. Kehadiran aplikasi ojek online ini sangat berguna dan efektif, karena munculnya berbagai layanan seperti layanan pembelian makanan ataupun mengantarkan paket secara cepat.

Melalui penggunaan kecerdasan buatan pemesanan ojek dapat lebih mudah. Pengguna dapat mengetahui titik poin mana saja ojek online tersebut berada. Pada aplikasi ini, program kecerdasannya akan selalu di upgrade. Dengan begitu aplikasi ini tidak akan disalah gunakan oleh pengguna maupun driver.

  1. GPS

Saat ini banyak sekali penerapan teknologi kecerdasan buatan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tak terkecuali teknologi  GPS (Global Positioning System). Teknologi pintar GPS menggunakan big data dalam proses pembuatannya. Bayangkan saja, untuk merekam seluruh perjalanan dunia secara detail, Anda dapat menggunakan akses GPS ini. GPS juga dapat mendeteksi jalanan yang sedang macet atau lancar dengan simbol berwarna. Anda juga akan diberikan berbagai opsi rute tercepat serta terhindar dari kemacetan.

  1. Streaming video/musik

Saat ini streaming sudah menjadi salah satu media hiburan favorit masyarakat secara global. Program ini dapat mengakses semua video atau musik dengan mudah dan cepat. Saat kita streaming video, program tersebut akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan sinyal kita.

Biasanya saat kita mulai membuka aplikasi streaming, teknologi tersebut akan menyuguhkan berbagai konten terbaru atau trend saat ini. Bahkan tanpa kita memintanya, aplikasi akan menyuguhkan konten-konten rekomendasi berdasarkan riwayat atau rekam jejak dari penelusuran yang kamu lakukan. Program tersebut memang dibuat agar pengguna dapat berlama-lama untuk melakukan streaming.

  1. Fitur selfie

Saat kita melakukan foto selfie dengan menggunakan kamera smartphone, kita pasti sering menambahkan fitur-fitur yang ada di kamera entah itu berupa filter, editing, beauty, dan sebagainya. Ada juga beberapa program kamera yang memberikan akses wajah sehingga dapat mengubah wajah pada usia muda hingga tua. Contoh-contoh fitur tersebut menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna. Jadi, kita tidak perlu repot lagi untuk edit gambar jadi lebih menarik.

 

Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan memang telah memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan kita sehari-hari. Anda pun juga dapat memanfaatkannya untuk membantu proses operasional bisnis agar lebih efisien dan cepat. Dengan beragam manfaat yang diperoleh, segera mulai terapkan teknologi kecerdasan buatan tersebut dan tingkatkan fokus pada pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.