5 Langkah Praktis Bantu Karyawan dalam Transformasi Digital

Friday, 23 July 2021

Penggunaan teknologi digital di era sekarang ini menjadi sebuah hal yang penting bagi perusahaan. Teknologi informasi diyakini mampu mempermudah aktivitas bisnis sebuah perusahaan. Sebagian besar dari kita juga meyakini bahwa melakukan transformasi digital berarti suatu perusahaan akan mendapatkan keuntungan, mulai dari pengelolaan data yang baik, sampai dengan peningkatan produktivitas para karyawan yang tentunya akan berpengaruh pada kemampuan inovasi serta daya saing perusahaan. 

Namun dalam kenyataannya, banyak perusahaan masih belum benar-benar berhasil dalam mengimplementasikan teknologi digital secara maksimal. Hal ini bisa jadi disebabkan karena faktor internal perusahaan, misalnya terkait ketidaksiapan SDM dalam memanfaatkan teknologi terbaru, budaya kerja, dan berbagai faktor lainnya. Dilansir dari hellonimbly.com, ada beberapa tips untuk membantu karyawan dalam proses transformasi digital perusahaan, di antaranya: 

 

  1. Hilangkan Rasa Takut akan Kehadiran Teknologi

Yakinkan pada diri dan orang sekitar bahwa teknologi tidak akan menggantikan posisi karyawan. Berikan sosialisasi kepada semua pihak yang ada dalam perusahaan tentang teknologi yang akan digunakan dan kenapa perusahaan menggunakannya. Ini bertujuan agar semua pihak dalam perusahaan tidak kaget dan sudah siap saat menerima teknologi yang akan diimplementasikan. Beri kesadaran pada tim atau individu yang ada di perusahaan, bahwa teknologi itu penting dan dapat membantu aktivitas kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

 

  1. Komunikasikan Tujuan & Rencana Perusahaan dalam Melakukan Transformasi Digital

Kita harus memahami tujuan dari teknologi ini untuk membantu tugas yang repetitif dan memakan banyak waktu, sehingga karyawan dapat lebih fokus untuk melakukan pekerjaan lainnya yang lebih penting. Dengan mengetahui alasan perusahaan menggunakan teknologi digital dan bagaimana perusahaan akan mengimplementasikannya, karyawan dapat lebih mudah memahami dan juga termotivasi dalam pemanfaatan teknologi tersebut. Selain itu, manajemen juga dapat membantu menjelaskan mengenai hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan penggunaan teknologi digital ini. 

 

  1. Persiapkan Tim dan Dukungan Manajemen

Dalam perusahaan perlu ada tim yang siap dan menguasai kebijakan serta mengawal proses digitalisasi. Agar pelaksanaan transformasi digital dapat berjalan dengan baik, diharapkan dukungan penuh dari pihak manajemen. Pihak manajemen perusahaan perlu menguasai kebijakan dan proses digitalisasi dengan baik, serta memahami manfaat digitalisasi yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dengan begitu, setiap atasan dapat menjawab pertanyaan dari tim yang berada di bawah naungannya dan membantu mereka ketika mereka mengalami kesulitan dalam mempelajari penggunaan teknologi baru tersebut. 

 

  1. Berikan Pelatihan Bagi Karyawan

Tidak semua karyawan akan memahami dengan benar penggunaan teknologi baru. Terkadang karyawan yang fasih menggunakan teknologi pun butuh sedikit waktu untuk mengenal dan beradaptasi dengan aplikasi yang baru saja ia gunakan. Untuk mendukung proses digitalisasi, ada baiknya perusahaan memfasilitasi pelatihan kepada seluruh divisi maupun karyawan yang ada dengan menjadwalkan training sesuai dengan kebutuhan. 

 

  1. Lakukan Evaluasi dan Perbaikan dari Proses Digitalisasi

Jika sudah melakukan digitalisasi, lakukan evaluasi untuk memantau bagaimana proses ini berjalan dengan tepat sesuai dengan tujuan awal dari transformasi digital. Jika perlu ada perbaikan, pikirkan segera solusinya agar tidak menjadi trauma kegagalan akibat transformasi digital. Evaluasi ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi pada aktivitas perusahaan dan bisa jadi malah menambah pemanfaatan teknologi yang lainnya.

Jika bingung melakukan evaluasi, catat hasil apa saja yang didapat selama dan sesudah digitalisasi yang dilakukan di perusahaan. Tentukan KPI yang akan digunakan untuk evaluasi sebelum implementasi teknologi dijalankan. KPI tersebut akan digunakan untuk mengevaluasi apakah hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan tujuan digitalisasi perusahaan. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk mengetahui aspek apa yang perlu ditingkatkan dan hal apa saja yang patut dipertahankan. 

 

Sebaiknya perusahaan tidak menganggap enteng risiko yang terjadi jika karyawan belum siap menghadapi transformasi digital. Ada baiknya perusahaan memiliki partner transformasi digital yang tepat dalam melaksanakan proses digitalisasi. Punya pertanyaan lebih lanjut tentang dukungan solusi dan layanan yang tepat untuk mendukung keberhasilan transformasi digital? Segera hubungi kami sekarang juga!