6 Hal Sederhana Ini Buat Kamu Terlihat Tidak Profesional

Friday, 24 September 2021

Sebagai seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan, sikap profesional adalah hal mutlak yang harus diperhatikan. Sikap profesional ini berkaitan dengan penilaian seseorang mengenai cara bekerja. Menjadi profesional berarti mampu menempatkan diri sebagai seorang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, membangun hubungan dan relasi kerja dengan tim lain, serta selalu fokus dan konsisten dengan target dan tujuan organisasi. 

Namun, beberapa kali mungkin terkadang kita malah tidak sadar telah bertindak dengan sikap yang tidak profesional. Jika Anda sering memperlihatkan enam sikap berikut ini saat berada di kantor, siap-siap Anda akan dianggap sebagai seorang karyawan yang tidak profesional. 

 

  1. Tidak tepat waktu

Ketepatan waktu sangat penting dan dianggap sebagai bagian dari profesionalitas. Karyawan  yang datang tepat waktu ke kantor ataupun bergabung dalam rapat melalui video conference, seringkali cenderung lebih siap melakukan pekerjaan pada hari itu dengan lebih baik. Sehingga ketika seseorang memiliki kebiasaan tidak tepat waktu secara terus menerus, akan berdampak kurang baik. Bahkan seringkali menjadikannya tidak fokus dalam pekerjaan. 

  1. Suka bergosip

Bergosip memang mengasyikan, apalagi hal ini dilakukan dengan teman yang terbilang satu frekuensi dengan kita. Tapi hal yang perlu Anda ingat bahwa bergosip atau bahkan sekedar mengomentari penampilan rekan kerja merupakan salah satu bentuk sikap tidak profesional.  Meskipun mereka memiliki penampilan yang menurut Anda agak aneh, cobalah lebih berpikir terbuka. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. 

  1. Melemparkan tanggung jawab

Setiap pekerjaan tentu memiliki tanggung jawab masing-masing. Namun Anda tidak akan terlihat profesional jadinya, jika pekerjaan yang seharusnya Anda kerjakan tapi justru dilemparkan ke rekan kerja yang lainnya. Kerjakan setiap tanggung jawab dengan versi terbaikmu, namun jika terkendala silahkan bertanya ke rekan kerja lain atau ke atasan. 

  1. Lamban merespon pekerjaan

Di zaman serba cepat seperti saat ini, dedikasi, integritas, dan cepat tanggap merespon pekerjaan menjadi suatu keharusan. Beberapa ciri diatas juga merupakan salah satu keunggulan dari seorang yang profesional. Memiliki dedikasi yang tinggi pada pekerjaanmu memang membutuhkan satu tekad yang kuat. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka lain jadinya. 

  1. Tidak Fokus

Tetap fokus saat bekerja memang bukan hal yang mudah. Apalagi dengan adanya gangguan seperti notifikasi media sosial yang bisa muncul kapan saja. Jika Anda sedang bekerja, upayakan selalu memprioritaskan pekerjaan dan kurangi frekuensi merespon distraksi lainnya. Salah satu upaya untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan notifikasi media sosial dan bekerja sambil mendengarkan musik melalui earphone agar agar tetap fokus dari gangguan sekitar. 

  1. Sering Membuat Alasan

Mencari alasan agar kesalahan dimaklumi jelas tidak akan membuat Anda terlihat profesional dan dimaafkan. Hal ini justru akan dianggap cari-cari alasan. Lazimnya seorang karyawan bukan seperti anak kecil lagi yang diperbolehkan menyalahkan temannya. Apa yang telah dilakukan harus dipertanggungjawabkan sendiri. Daripada sibuk mencari alasan, akui saja bahwa kamu salah, dan segeralah temukan solusi untuk memperbaikinya. 

 

Nah beberapa hal di atas dapat mengurangi profesionalitas dalam bekerja. Terlihat sederhana memang, tapi jika dilakukan secara terus menerus tentu tidak baik dampaknya. Sebaiknya selalu upayakan melakukan hal apapun dengan profesional, karena jika semakin sering kamu lakukan, akan berdampak baik pada diri pula.