7 Karakter Digital Mindset Senjata Hadapi Tantangan Bisnis

Friday, 20 August 2021

Digital mindset kini selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Di dunia yang sudah serba digital dan modern tentu saja pola pikir berperan penting dalam perkembangan dunia bisnis yang semakin ketat persaingannya. Dalam dunia bisnis, digital mindset sendiri bisa jadi termasuk sudut pandang seseorang terhadap teknologi, bagaimana tingkah laku terhadap teknologi tersebut, pola komunikasi, hingga rencana pengembangan bisnis dalam menggunakan teknologi. 

Fenomena digitalisasi yang berpengaruh terhadap digital mindset tentunya tidak dapat terelakkan dalam dunia bisnis. Kini sudah tidak terhitung pula banyaknya jumlah aktivitas bisnis yang sangat bergantung pada kemajuan teknologi, membuat perusahaan tidak hanya butuh untuk mampu merespon kebutuhan, tapi juga harus mampu bertahan bahkan berkembang dalam persaingan pasar. Pola pikir digital saat ini dimanfaatkan untuk memberikan pertumbuhan dan peluang yang lebih besar lagi untuk bisnis. Dilansir dari Kumparan, seorang yang memiliki digital mindset memiliki beberapa karakter berikut: 

 

  1. Abundance Mindset

Seorang dengan digital mindset, tentunya akan memiliki kecakapan dalam menggunakan teknologi serta beradaptasi dengan cepat. Mereka yang memiliki karakter ini tidak sungkan untuk melakukan kolaboratif dan kooperatif dengan pola pikir yang open mind dan memiliki kepercayaan terhadap dunia digital yang dapat terhubung satu sama lain. 

  1. Growth Mindset

Karakter growth mindset menjadikan seseorang mampu memaksimalkan teknologi digital dalam menjalankan berbagai aktivitasnya untuk menampilkan hasil yang terbaik. Seseorang dengan karakter growth mindset cenderung melakukan upaya yang lebih untuk mempelajari hal-hal yang baru. 

  1. Agile Approach

Seseorang dengan karakter ini mampu beradaptasi dengan cepat dalam merespon perubahan dan tantangan. Jika bergerak lambat, maka mereka akan berpikir bisa kehilangan peluang dan momentum dalam menunjukan hasil yang dikerjakan.

  1. Comfort with Ambiguity

Di masa yang penuh dengan ketidakpastian dan perubahan ini, sangatlah penting untuk menjadi adaptif terhadap perubahan. Seseorang dengan karakter ini akan menghadapi era digital dengan merasa nyaman terhadap teknologi dan menerima cara kerja yang baru. Mereka juga tidak segan untuk melakukan eksplorasi dan bereksperimen terhadap digital.

  1. Explorer’s Mind

Dengan adanya teknologi digital yang sudah berkembang, sedang berkembang, dan akan berkembang saat ini, memaksa seseorang untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga terus melakukan update pada perkembangan terkini. Digital mindset membuat seseorang merasa tertantang untuk bisa menggunakan berbagai teknologi yang tersedia, termasuk dalam hal ini adanya aplikasi baru, kemudian memaksimalkan penggunaannya untuk meningkatkan produktivitas.

  1. Collaborative Approach

Budaya inovatif dan fleksibel mendorong  seseorang melakukan kolaborasi untuk menghadapi perubahan. Adanya keragaman pemikiran, pendekatan, dan ide untuk menyelesaikan masalah, membuat terciptanya lingkungan kerja di mana pekerjaan atau bisnis dapat berkembang dan orang dapat berkolaborasi melintasi batas job/role-nya. 

  1. Embracing Diversity

Digital mindset menjadikan kemampuan dalam melihat sebuah permasalahan dengan lebih kritis, kemudian keluar dengan solusi dan menciptakan inovasi.  Seorang dengan karakter digital mindset ini akan terlibat dalam dialog dengan pikiran yang berbeda dan merangkul ide-ide yang berbeda dari berbagai pemikiran.

 

Digital mindset akan sangat bermanfaat saat berkolaborasi dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda-beda dan cermat menganalisis kompetitor. Meskipun infrastruktur dan teknologi semakin maju, namun jika tidak dibarengi dengan kesiapan mental dalam menghadapi tantangan baru, maka tidak akan menghasilkan suatu inovasi yang akan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.