7 Tips Sederhana Rawat Printer Agar Tetap Optimal dan Tahan Lama

Friday, 7 August 2020

Printer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern. Keberadaan perangkat ini sangat membantu dan menjadi perangkat wajib untuk mendukung proses bisnis penggunanya. Tidak hanya di lingkungan perkantoran, printer sekarang juga digunakan untuk mendukung usaha cetak foto, cetak kaos dan sebagainya.

Tentunya penggunaan printer sehari-hari dengan rutin, akan membuat printer bekerja keras dan memerlukan perawatan agar tidak cepat rusak. Namun, seringkali tingginya frekuensi penggunaan printer tidak disertai dengan cara perawatan unit yang benar. Berikut ulasan cara merawat printer agar tidak cepat rusak dan kinerjanya tetap optimal dalam jangka panjang.

 

  1. Gunakan Secara Rutin dan Jagalah Kebersihan Printer

Tahukah Anda, jika printer tidak digunakan sama sekali justru membuat printer akan jadi lebih cepat rusak. Ketika jarang digunakan, bisa jadi tinta maupun toner tidak bisa keluar dengan maksimal karena nozzle sudah tertutup karat atau tinta yang mengering. Upayakan gunakan printer secara berkala minimal setiap satu minggu sekali.

Selain itu, bersihkan printer secara rutin karena debu-debu nakal terkadang dapat menyumbat printer sehingga tidak dapat melakukan cetak dokumen secara maksimal. Bersihkan juga bagian baki kertas (tray) karena pada bagian ini biasanya menjadi tempat menumpuknya kotoran. Periksa baki kertas secara berkala untuk membuang serpihan-serpihan kertas yang tertinggal di dalamnya.

 

  1. Jangan Tempatkan Printer Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Sebenarnya tidak hanya printer, apapun barangnya yang langsung terkena sinar matahari lama-lama juga tidak baik. Apalagi jika ini berkaitan dengan printer laserjet yang kita ketahui ada komponen yang bernama OPC Drum yang sifatnya peka terhadap cahaya. Sehingga cara merawat printer yang tepat adalah meletakkan printer di tempat yang teduh atau jauh dari jangkauan sinar matahari.

 

  1. Lakukan Perawatan Kinerja Cartridge

Bagi Sebagian orang cara ini bisa jadi jarang dilakukan, namun cukup efektif dalam menjaga kinerja cartridge tetap optimal. Caranya cukup mudah, pertama buatlah empat lingkaran dengan warna kuning, hijau, hitam, dan merah. Anda bisa membuat empat lingkaran ini dengan mudah melalui insert shapes pada Ms Word. Lanjut dengan mencetak gambar tersebut dengan resolusi tertinggi.

Lakukan cara ini antara satu atau dua bulan sekali sehingga kinerja cartridge bisa terjaga dalam kondisi optimal. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengecek kondisi cartridge apakah masih bisa mencetak warna dengan benar atau tidak.

 

  1. Lakukan Clean Head

Cara merawat printer berikutnya adalah rutin melakukan clean head, jika printer yang dimiliki adalah printer inkjet. Proses ini adalah cara yang paling banyak dilakukan dalam merawat printer. Tujuannya, agar printer head tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik agar dapat mencetak dengan hasil maksimal.

Sistem perawatan clean head umumnya dimiliki oleh setiap printer inkjet. Anda tinggal membaca ulang buku manual yang disertakan saat membeli printer. Karena, beda merek printer biasanya beda pula cara melakukan clean head. Tapi, jangan terlalu sering melakukan clean head, cukup sekitar 1-2 minggu sekali saja. Jika terlalu sering bisa mengakibatkan tempat tinta tidak bisa menampung tinta atau mengalami kebanjiran.

 

  1. Gunakan Kertas yang Direkomendasikan

Setiap mesin memiliki kegunaan dan keunggulan masing-masing. Ada printer yang digunakan untuk keperluan dokumen sehari-hari, ada pula yang khusus digunakan untuk kebutuhan produksi. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu saja sebaiknya gunakan kertas yang sesuai dengan rekomendasi produsen. Jenis kertas yang salah dapat menyebabkan sering terjadi paper jam dan penggunaan toner atau tinta yang berlebihan.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan kertas yang baru karena kertas yang bekas terkadang pada bagian ujungnya sudah melengkung. Hal ini bisa menyebabkan printer bermasalah.

 

  1. Memiliki Persediaan Toner Cadangan

Jika printer yang dimiliki adalah printer laserjet, tidak ada salahnya memiliki persediaan toner lebih. Agar saat toner habis, dapat langsung diganti dengan toner yang baru. Ketika toner sudah hampir habis, toner dapat mengeras hingga tidak dapat digunakan kembali. Oleh karena itu sebaiknya menyiapkan toner yang baru sebelum toner lama habis. Saat mengganti toner, jangan lepaskan cartridge toner yang lama hingga toner baru siap untuk dipasang.

 

  1. Jika printer Inkjet, Gunakan Tinta yang Direkomendasikan

Tinta juga merupakan salah satu cara merawat printer jenis inkjet agar tetap bekerja optimal. Hal ini harus diperhatikan bila menggunakan printer dengan sistem infus. Gunakan tinta dari satu merek saja. Karena, tingkat kepekatan warna dari setiap printer berbeda-beda dan jangan sekali-kali untuk mencampur satu merek tinta dengan merek yang lain karena pasti menghasilkan warna yang tidak solid. Selain itu, tinta yang tercampur membuat kinerja kartrid tidak maksimal.


 

Itulah 7 Cara Merawat Printer agar Selalu Bekerja Optimal. Dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur pada printer, tentu printer yang kita punya menjadi awet dan lebih mengirit biaya untuk melakukan maintenance karena printer rusak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.