Alami Penurunan, 5 Tips Ini Bisa Perbaiki Kinerjamu

Friday, 4 June 2021

Lulus kuliah dan kerja di perusahaan ternama bisa jadi impian sebagian orang. Memakai baju rapi, keluar dari gedung perkantoran rasanya terlihat keren, terlebih bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Jika kita bahas tentang kerja kantoran, bayangan kita mesti terdapat ruangan dengan meja dan bilik-bilik tempat kerja. Tapi terlepas dari itu, bekerja di kantor jelas berbeda dibanding dengan bekerja di lapangan. Apalagi saat ini banyak perkantoran mengubah kegiatan produktif bisnisnya menjadi Work From Home (WFH), pasti ada saja rasa lelah dan bosan yang tentunya akan mempengaruhi rutinitas kerja. 

Pada siklus kebosanan ini, kita seringkali mengalami penurunan kinerja. Tapi jika penurunan terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama, mungkin jadi bisa merugikan bagi diri sendiri dan perusahaan. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat diperbaiki. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara agar kerja semakin nyaman dan Anda dapat melakukan peningkatan kerja. Terlepas dari apapun posisi dan jabatan yang sekarang Anda jalani, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apa saja itu? 

 

  1. Kenali alasan penurunan kinerja

Adakalanya kita mengalami penurunan kinerja, karena faktor internal atau juga faktor eksternal lingkungan kerja. Coba berpikir dengan kepala dingin untuk mencari solusi yang tepat. Jika perlu Anda bisa meminta pendapat kepada atasan atau rekan kerja. Aktivitas ini biasanya dikenal juga sebagai sesi coaching. Sesi ini juga bisa jadi pilihan untuk dilakukan secara rutin. Agar kita semakin lebih dekat antar karyawan, sekaligus untuk memberikan evaluasi. 

  1. Gali kembali motivasi diri

Contoh hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja adalah dengan mengingat tujuan Anda bekerja. Semua orang pasti memiliki tujuannya sendiri untuk bekerja, misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membantu biaya sekolah adik, membiayai pengobatan orang tua atau untuk melanjutkan pendidikan. 

Jangan lupakan juga tujuan profesional yang mendorong kalian bekerja. Yang perlu diingat bahwa pekerjaan yang kalian lakukan membawa perubahan dalam caranya sendiri, misalnya pada klien, perusahaan atau bahkan dunia. 

Motivasi kerja yang harus selalu diingat adalah jangan menganggap pekerjaan sebagai beban yang berat. Anggap pekerjaan yang kalian lakukan sebagai bagian dari puzzle yang bisa membantu kalian meningkatkan jenjang karir, dengan begitu energi yang dibutuhkan untuk bekerja akan datang dengan mudah. 

  1. Buat perencanaan untuk peningkatan Kinerja

Mungkin kita pernah merasa bahwa apa yang dilakukan saat ini terlalu berat untuk dijalankan. Lalu dampaknya, mulai berpikir bahwa pekerjaan lain mungkin akan lebih mudah dilakukan. Inilah yang memicu hilangnya semangat bekerja. Pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki kesulitannya masing-masing. Yang sebaiknya dilakukan adalah mendorong diri untuk paham bahwa pekerjaan yang dilakukan bukan sesuatu yang berat. 

Sebaiknya Anda juga harus mulai membuat strategi kerja seperti mengelompokkan pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah diselesaikan. Selain itu, perhatikan juga manajemen waktu yang Anda miliki. Akan lebih baik jika pekerjaan selesai dengan tepat waktu, agar Anda dapat memiliki waktu yang cukup juga untuk beristirahat. 

  1. Segeralah buat prestasi baru

Jadikan hal yang benar-benar Anda inginkan sebagai target yang harus dicapai, misalnya seperti promosi untuk jabatan yang lebih tinggi. Sebuah target akan sangat membantu kamu untuk melakukan peningkatan kinerja. Di samping itu, selalu berusaha untuk fokus pada target yang ingin dicapai. Mulailah berpikir bahwa fokus akan membuat Anda semakin cepat mencapai target yang diinginkan. 

  1. Manfaatkan teknologi

Era digital adalah era kolaborasi, karenanya pengaplikasian teknologi saat ini jadi faktor yang penting. Anda dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, memunculkan inovasi, meningkatkan efektivitas operasional sehingga dapat memperbaiki kinerja individu maupun kelompok dengan lebih baik. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknologi apa yang perusahaan Anda butuhkan silahkan hubungi kami.