Ayo Semangat! Bikin Hidup Lebih Inovatif dengan Kebiasaan Ini

Friday, 10 March 2023

Inovasi seakan menjadi bagian dari kata yang sering kita gunakan, baik ketika melakukan operasional bisnis, atau sehari-hari. Sebenarnya inovasi sendiri merupakan adopsi dari bahasa inggris yakni innovate yang dilakukan penyerapan ke dalam bahasa Indonesia. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai menciptakan sesuatu hal yang baru berdasarkan dari ide atau gagasan sebelumnya untuk membuat tatanan hingga sistem, yang biasanya bersifat unik atau spesifik.  

Tujuan dari inovasi sendiri tidak melulu soal meningkatkan kualitas terhadap kelompok atau sebuah organisasi tertentu seperti perusahaan. Disamping hal itu, inovasi juga dapat dilakukan untuk diri sendiri guna meningkatkan kualitas kehidupan. Berikut beberapa kegiatan untuk mengasah inovasi: 

 

Bangun lebih pagi

Pada pagi hari mungkin kamu sering bertanya-tanya apa yang akan dilakukan setelah bangun tidur atau aktivitas apa yang akan dikerjakan pada pagi hari. Jika umumnya orang-orang bangun berganti pakaian lalu menyiapkan semua kebutuhan aktivitasnya, lain halnya dengan orang yang selalu berupaya melakukan inovasi. Orang-orang sukses memiliki rutinitas unik setiap pagi. Rutinitas dan kebiasaan ini yang membuat mereka segar dan mempunyai semangat dalam menjalani tantangan setiap harinya.

Beberapa riset menunjukkan bahwa aktivitas apa yang dilakukan pada 90 menit pertama setelah bangun pagi sangat penting. Saat itulah energi dan semangat seseorang sangat besar. Dengan bangun lebih pagi, maka pikiran Anda menjadi lebih tenang dan mudah untuk mencari ide guna membuat sebuah inovasi di bisnis Anda.  Nyatanya kebiasaan setiap pagi berpengaruh pada aktivitas sepanjang hari.

 

Catat semua ide yang terlintas

Pernahkah terlintas dipikiran Anda beberapa ide pada saat beraktivitas? Namun tak jarang juga Anda tentu pernah mengalami lupa ketika hendak menerapkan ide apa saja yang sebelumnya dipikirkan. Ini merupakan hal wajar yang biasa dialami oleh banyak orang. Akan tetapi untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda mencatat semua ide yang terlintas di pikiran dan jangan pernah pedulikan seberapa masuk akal ide tersebut.

Anda juga dapat memulai perhatikan sekeliling, temukan masalah yang ada, kemudian cari ide untuk menyelesaikannya. Kebiasaan ini merupakan kegiatan pengumpulan topik-topik segar secara spontan. Teknik ini dapat memotivasi Anda dalam mencari inspirasi dengan baik.

 

Cari Pengalaman Baru

Setiap orang tentu senang apabila mencari pengalaman baru. Namun ini bisa jadi berbeda dengan pola pikir berbisnis. Untuk berpikir dengan cara yang berbeda, Anda harus melangkah keluar dari zona nyaman dan melihat beberapa skenario bisnis pada sudut pandang yang berbeda. 

Menemukan pengalaman baru tidak harus benar-benar keluar dan pergi ke suatu tempat. Anda dapat melakukan hal lain yang tidak biasa Anda lakukan atau yang biasa membuat Anda tidak tertarik melakukannya. Sebagai seorang inovator handal akan belajar dari berbagai bidang dan menggabungkannya menjadi sesuatu yang luar biasa.

 

Perluas Jejaring

Inovasi erat kaitannya dengan dunia seni karena berhubungan dengan kreativitas. Namun ini bisa jadi tidak bisa dilakukan sendirian, tapi membutuhkan orang lain untuk memunculkan ide tersebut. 

Terkadang inovasi biasa muncul ketika Anda bersosialisasi dengan banyak orang. Bisa jadi ide mengalir begitu saja ketika Anda berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang-orang yang bahkan beda bidangnya dengan Anda.  Semakin banyaknya teman, maka Anda semakin mudah saling berbagi dan bertukar pikiran untuk menentukan ide baru tersebut.

 

Itu tadi beberapa kebiasaan yang dapat mengasah inovasi Anda. Perlu disadari bahwa inovasi sangat penting dan dibutuhkan dalam pengembangan bisnis. Tanpa inovasi, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan merasa bosan dengan produk yang dihasilkan. Meski bisa jadi ini merupakan perubahan yang terasa kurang nyaman, tapi nantinya akan terbayarkan dengan hasil inovasi yang semakin meluas.