Bangun Sikap Mindfulness pada Kehidupan Era Digital

Friday, 20 May 2022

Hampir setiap saat kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari penggunaan  teknologi. Teknologi digital telah memudahkan banyak pekerjaan manusia sehari-hari, namun kehadirannya juga memberikan tantangan tersendiri. Penggunaan teknologi digital cenderung membuat sebagian masyarakat menjadi lepas kendali atau berlebihan dalam menggunakannya. Berlebihan dalam konteks ini seperti terlalu banyak menerima informasi sehingga mengalami gangguan konsentrasi dan masalah pada atensi.

Hidup dengan pengaruh kemajuan teknologi digital yang serba cepat saat ini juga membuat kita membutuhkan sedikit cara berbeda, agar emosi dan pikiran bisa tetap terjaga. Sikap mindfulness kini seakan menjadi cara seseorang untuk mengatasi hal tersebut. 

Mindfulness adalah suatu cara melatih diri Anda untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, sikap mindfulness bahkan dapat mencegah dan meringankan gejala gangguan mental, seperti depresi dan gangguan rasa cemas di tengah kehidupan era digital saat ini. 

 

Berikut beberapa cara untuk dapat membangun sikap mindfulness di era digital;

  • Renungkan pengalaman dalam penggunaan teknologi 

Ruang digital kini telah bertebaran dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.  Pesatnya perkembangan teknologi informasi di berbagai bidang tak terlepas dari perannya dalam membuat, menyimpan, menyampaikan, hingga menyebarkan informasi.

Menerapkan sikap mindfulness akan mengubah pengalaman dalam memanfaatkan teknologi digital menjadi jauh lebih menyenangkan. Sebelum lebih banyak lagi teknologi yang kita manfaatkan, ada baiknya kita merenungkan manfaat dan pengalaman yang telah kita rasakan dalam menggunakan teknologi. 

  • Pilah teknologi penunjang kebutuhan Anda

Dengan berbagai macam pilihan teknologi yang kini ditawarkan, Anda dapat memulai sikap mindfulness ini dengan memilah teknologi mana yang sesuai dengan tujuan Anda. Optimalkan teknologi yang ada untuk menunjang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

  • Sesekali cobalah untuk berolahraga atau meditasi

Kini ungkapan “tech solutionism” seringkali digunakan untuk menggambarkan bagaimana teknologi selalu diarahkan untuk memberikan kita solusi, apapun masalahnya. Namun dengan selalu mengikuti trend teknologi terkini, ada kalanya kita dilanda kejenuhan dengan semuanya.

Olahraga dapat membantu merelaksasi tubuh apapun aktivitas fisiknya. Relaksasi ini disebabkan karena aktivitas tubuh yang bergerak dan bernapas membuat darah mengalir dengan lebih lancar dan mampu menguatkan setiap sel di tubuh. Selain itu olahraga juga dapat menyinkronkan tubuh, pikiran, serta sistem saraf. Hal ini tentu akan memberikan Anda ketenangan sehingga tidak mudah stres serta dapat lebih menikmati hidup.

 

Menerapkan mindfulness secara signifikan dapat meningkatkan kreativitas melalui pemikiran-pemikiran yang jernih dan tenang tanpa adanya gangguan rasa cemas dan stress. Hal ini disebabkan karena melakukan mindfulness menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam suasana hati dan memori kerja, yang memungkinkan untuk pengambilan keputusan dan penyimpanan informasi dengan lebih baik.