Bersiap Sambut Tahun Baru dengan Perencanaan dan Strategi Bisnis

Friday, 23 December 2022

Tinggal menghitung hari kita akan memasuki tahun 2023. Salah satu resolusi yang harus dipertimbangkan secara matang jauh sebelumnya adalah merencanakan strategi bisnis. Strategi bisnis menjadi kewajiban para pelaku usaha untuk memajukan bisnisnya. Tanpa strategi yang tepat, bisnis akan mengalami kesulitan bertahan di tengah kondisi ketatnya persaingan pasar saat ini. 

Membuat strategi bisnis memerlukan konsep serta strategi yang matang. Perencanaan harus dibuat dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya bisnis akan memiliki potensi untuk meningkatkan keberhasilan usaha. Strategi bisnis ini menggambarkan seberapa besar potensi bisnis yang Anda jalankan. Berikut beberapa tips membuat perencanaan strategi bisnis yang efektif:

 

  1. Identifikasi Masalah dalam Bisnis

Saat terjun dalam dunia bisnis, penting bagi Anda mengetahui detail informasi mengenai jalannya bisnis, tak terkecuali juga masalah apa saja yang akan dihadapi. Anda dapat mengklasifikasikan sebanyak mungkin masalah yang akan muncul dan mengganggu operasional bisnis.

Dengan mengetahui beberapa hal diatas, Anda dapat segera menyusunnya menjadi sebuah strategi bisnis jitu yang akan dijalankan. Namun alangkah lebih baiknya jika Anda membuat alternatif rencana cadangan untuk mempersiapkan kemungkinan jika rencana utama gagal dilakukan. Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bisnis, akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi sejauh mana kekuatan bisnis yang sedang dijalani sekaligus mengurangi ancaman dan tantangan pada bisnis Anda.

  1. Libatkan Semua Pihak

Pernahkah Anda mendengar pepatah “Sendirian kita dapat berbuat sedikit, bersama-sama kita dapat berbuat begitu banyak” ? Yah pepatah ini sangat cocok ketika Anda sedang membuat perencanaan dalam bisnis.

Alangkah baiknya Anda melibatkan beberapa pihak dalam memberikan masukan mengenai perencanaan bisnis. Perencanaan yang strategis dapat muncul dari aspirasi beberapa pihak mengenai arah masa depan dan juga mengetahui dengan detail kemana arah perusahaan bergerak. Hal ini dikarenakan beberapa pihak ini tentu memiliki kelebihan atau profesional di bidangnya masing-masing.

  1. Jaga Kualitas Produk dan Jasa

Menjaga kualitas produk tentunya harus selalu dilakukan, karena kualitas menjadi sebuah elemen utama bagi pebisnis agar bisnisnya dapat bertahan di antara sengitnya persaingan dan perkembangan zaman. 

Sebaiknya Anda memastikan kualitas produk yang telah diberikan pada konsumen telah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Sebagai contoh jika para konsumen meminta produk yang memiliki harga murah, maka akan sia-sia jika Anda membuat rekayasa produk yang menguras biaya produksi besar.

Ini akan berlaku sebaliknya, jika target konsumen mengharapkan produk yang memiliki kinerja melebihi harga, maka Anda dapat merencanakan produk yang sesuai dengan harapan para konsumen. Produk yang unik dan berbeda memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi konsumen. sehingga mereka lebih mengenali produk dan memilih produk Anda dibandingkan produk lainnya yang ada di pasaran.

  1. Kenali Target Pasar

Setiap para pelaku bisnis pastinya memiliki target pasar sendiri. Sebelum melakukan perencanaan lebih jauh, kenali dulu potensi pasar yang ada serta cari tahu kompetitor yang kompeten pada saat itu. Dengan mengenali target pasar dan kompetitor, secara tidak langsung Anda dapat menentukan bagaimana cara menghadapinya. Anda juga dapat lebih mudah menyusun beberapa strategi demi kepuasan konsumen berdasarkan beberapa data sebelumnya.

Apabila ternyata produk Anda masih belum dapat mengungguli mereka, pastikan agar kualitas produk Anda dapat sama dengan yang dimiliki oleh perusahaan mereka. Dalam hal ini Anda juga harus menjaga kualitas produk dan layanan agar tidak menurun atau lebih rendah dari kompetitor agar dapat memenangkan pasar.

  1. Lakukan berbagai inovasi

Melihat peluang dengan cara berbeda adalah salah satu fungsi strategi bisnis yang mempengaruhi kelangsungan usaha di masa mendatang. Ini karena peluang tidak selalu ada secara spontan, tapi juga diciptakan sendiri oleh pelaku usahanya.

Sering kali kesuksesan yang didapat oleh pebisnis diawali dengan kreativitas menemukan inovasi pengembangan produk dan layanan pada bisnisnya. Daya kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide baru, dan berbeda dibandingkan kompetitor yang telah ada. Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya. 

  1. Berani ambil risiko

Tidak dapat dipungkiri bahwa risiko selalu ada dalam bisnis. Satu-satunya pilihan yang bisa Anda ambil untuk memenangkan persaingan pasar di tahun mendatang adalah dengan berani mengambil risiko untuk memenangkan persaingan pasar. 

Apa pun hasilnya nanti entah akan berhasil atau harus mencoba lagi, yang terpenting Anda telah berani mengambil risiko. Ini artinya Anda sudah belajar melakukan sesuatu untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan tersebut. Ketika hal baik itu datang, lalu Anda juga sudah mempersiapkan strategi dan hal lainnya, maka yakinlah bahwa kamu bisa mendapatkan yang terbaik. Dengan begitu, kamu akan lebih berani mengambil risiko dari hal tersebut.

Itu tadi beberapa tips perencanaan strategi bisnis untuk hadapi tahun mendatang. Jika belum dilakukan, memang beberapa hal diatas akan terkesan menakutkan. Namun jangan pernah takut untuk melangkah dan pastikan Anda telah membuat strategi bisnis yang matang. Manfaatkan juga teknologi digital untuk menunjang strategi dan operasional bisnis. Hubungi kami untuk berbagai solusi digital dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda!