Faktor-faktor yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Risiko Bisnis

Friday, 4 November 2022

Dewasa ini kebutuhan untuk membuat bisnis yang sukses dan memiliki segalanya adalah dambaan dari setiap orang. Namun memiliki bisnis tentu tidak mungkin selalu dapat berjalan dengan mulus-mulus saja. Selalu ada hambatan dan risiko yang dihadapi dari setiap bisnis yang dijalankan. 

Risiko menjalankan bisnis tentu menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Jika hal ini diabaikan bisa jadi usaha yang dilakukan akan gagal sesuai dengan perencanaan. Risiko- risiko ini terjadi akibat dari berbagai faktor, berikut diantaranya:

 

Keadaan Ekonomi Yang Tidak Pasti

Berjalannya perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor ekonomi di sekitar. Ini bisa jadi keadaan ekonomi dari pihak internal perusahaan maupun dari eksternal. Keadaan ekonomi yang tidak pasti dari pihak internal bisa jadi disebabkan akibat arus kas masuk dan keluar yang tidak seimbang serta belum memiliki perencanaan strategis dalam kegiatan operasionalnya. 

Sementara itu keadaan ekonomi yang tidak pasti bisa juga dari pihak eksternal seperti negara yang sedang mengalami krisis ekonomi. Keadaan krisis ini akan berdampak pada perusahaan dalam negara yang akan terganggu aktivitas bisnisnya apalagi kegiatan operasional bisnisnya dalam skala internasional.

Agar perusahaan tidak mengalami kesulitan ekonomi ini, penting untuk memperhatikan kondisi ekonomi perusahaan dan sekitar. Seperti contoh hal kecil untuk keberlangsungan keadaan ekonomi adalah perhatikan harga-harga bahan utama pembuatan produk, nilai tukar mata uang, kemampuan daya beli masyarakat, dan lain-lain. Atur strategi sebaik mungkin untuk menghadapi hal tersebut agar modal dan keuangan di perusahaan tetap stabil.

 

Kondisi Alam Yang Tidak Menentu

Salah satu risiko yang tidak dapat dikontrol oleh perusahaan adalah adanya kondisi alam yang tidak menentu. Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kegiatan operasional bisnis perusahaan baik dalam hal produksi maupun pemasaran produk. Sebagai contoh, jika Anda bergerak dalam usaha  produksi barang yang memerlukan sumber daya alam yang memadai tentu ini akan berpengaruh jika terjadi sesuatu pada kondisi alamnya. Jika terus seperti ini maka akan mengganggu operasional perusahaan atau bahkan mengalami kerugian.

Contoh konkret lain yang telah dialami oleh sebagian besar pelaku usaha adalah ketika adanya pandemi COVID-19 menyerang sangat pesat. Banyak perusahaan yang akhirnya gulung tikar akibat kondisi yang terjadi dan ketidakmampuan pelaku usaha dalam menanggung risiko yang ditimbulkan.

 

Perubahan Gaya Hidup Manusia

Tak hanya mengubah kebiasaan dan rutinitas masyarakat yang kini mulai beralih ke gaya hidup modern,  ini juga memberikan dampak yang sangat signifikan pada dunia bisnis dan wirausaha. Perubahan gaya hidup modern masyarakat membuat sektor bisnis serta wirausaha terpaksa harus mengikuti perubahan dan perkembangan jika tidak mau ketinggalan.Perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai inovasi baik itu dari segi produk, pemasaran, dan lainnya.

Strategi Pemasaran Yang Salah

Dalam bisnis, setiap pengusaha harus memiliki strategi dalam menjalankan kegiatan marketingnya. Namun untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada bisnis bukan perkara yang mudah. Dalam menyusun strategi pemasaran, Anda harus paham kondisi market, pelanggan, dan media apa yang akan Anda gunakan dalam menjalankan pemasaran Anda.

Menyusun strategi pemasaran untuk keperluan promosi bisnis serta mendapatkan penjualan adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele. Alih-alih berusaha melakukannya dengan benar, malah bisa jadi pemicu hadirnya risiko dalam suatu bisnis. Untuk itu sebaiknya lakukan Marketing plan atau rencana pemasaran dengan membuat sebuah detail yang menjelaskan strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh bisnis Anda. Sehingga ketika eksekusi pemasaran menemukan masalah, pihak penanggung jawab mampu menemukan antisipasi yang tepat dalam waktu singkat.

 

Persiapan Yang Kurang Matang

Persiapan bisnis, dapat diibaratkan sebagai sebuah kompas yang akan menuntun menuju keberhasilan langkah bisnis Anda. Melakukan bisnis tanpa didahului dengan persiapan yang matang akan tumpul. Ini berarti Anda akan memiliki risiko aktivitas bisnis yang tidak terukur dan tidak maksimal.

Dengan adanya persiapan yang matang, pada dasarnya dapat mengurangi risiko usaha dan Anda sudah membuka satu pintu untuk meningkatkan peluang kesuksesan penjualan bisnis. Melalui persiapan yang matang pula, Anda dapat menerapkan beberapa strategi yang fit dengan bisnis dan customer.

Bagi Anda seseorang atau kelompok yang ingin membangun usaha harus melihat beberapa faktor, salah satunya adalah risiko usaha ini. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum terjadi tersebut, Anda dapat membuat rencana dalam mengantisipasinya agar tidak terjadi beberapa risiko usaha pada bisnis Anda. Salah satu solusi yang tepat bagi permasalah risiko usaha Anda adalah penggunaan teknologi aplikasi FIRMS. Coba fitur pengelolaan risiko usaha Anda untuk memberikan keputusan bisnis yang lebih cepat serta akurat. Pelajari selengkapnya!