Hadapi New Normal, Intip Kiat Siap Ala SISI

Friday, 26 June 2020

Virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak cukup besar bagi Indonesia. Sejak virus ini menjangkit di Indonesia, hampir setiap kegiatan di tempat umum dibatasi dengan memberlakukan physical distancing seperti sekolah dan bekerja dari rumah. Meskipun aktivitas dibatasi, nyatanya COVID-19 belum juga hilang. Anjuran pemerintah agar masyarakat mulai bersahabat dengan virus Corona dan menjalani kehidupan yang New Normal, juga mulai diterapkan di SISI.

Berakhirnya PSBB bukan berarti segala aktivitas kantor akan kembali normal seperti saat sebelum pandemi melanda. Langkah persiapan New Normal juga akan dilakukan oleh SISI untuk menyesuaikan dengan situasi saat ini. Berikut penjelasan mengenai persiapan New Normal di SISI yang juga bisa kalian terapkan di era pandemi COVID-19,

  1. Perhatikan kebersihan area kantor

Jika akan menerapkan sebagian work from office, kebersihan ruangan terutama yang sering digunakan karyawan seperti ruang pertemuan, ruang kerja & toilet harus rutin dikontrol. Pastikan sebelum ruangan digunakan bekerja, semprot disinfektan terlebih dahulu. Hal ini berlaku di seluruh kantor site SISI.

“Kita memprediksi minggu depan (29/06), akan banyak lonjakan karyawan yang masuk kantor maksimal 50% dari total karyawan. Sehingga sebelum itu kita telah menyemprotkan disinfektan pada setiap sudut ruangan. Tapi untuk penyemprotan disinfektan ini akan kami berlakukan setiap minggunya,” ujar Nurul Qoriah selaku General Affair SISI site Gresik.

  1. Informasikan perubahan aturan perkantoran

Mengkomunikasikan kepada karyawan dan seluruh stakeholder bahwa perusahaan telah menerapkan beberapa aturan baru. Bagikan dan sosialisasikan protokol New Normal yang berlaku. Selain itu, berikan informasi apakah fasilitas perkantoran tersedia dan bisa digunakan atau tidak, salah satunya berkaitan dengan perubahan tempat kerja termasuk ketersediaan ruang pertemuan, pantry, relokasi meja kerja, hingga membawa alat makan dan ibadah pribadi, dan lain-lain.

  1. Cek Rutin Kondisi Karyawan

Dalam persiapan New Normal, beberapa protokol kesehatan diterapkan yang bertujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan, stakeholder dan tamu. Hal ini bisa dengan cara misalnya mengukur suhu tubuh saat mereka akan memasuki kantor, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, memastikan karyawan atau tamu yang masuk kantor menggunakan masker, membagikan vitamin c dan sejenisnya.

Cek rutin kondisi karyawan juga dilakukan melalui aplikasi FORCA ESS yang terhubung dengan form Emergency Response Covid-19. Dalam form tersebut karyawan yang bekerja di kantor maupun di rumah dapat dipantau setiap harinya melalui satu platform.

  1. Jaga jarak aman

Pengaturan ulang kapasitas ruang kerja dengan memperhatikan physical distancing di mana jarak aman antar karyawan menjadi 2 meter. Selain itu, jumlah karyawan yang bekerja di kantor sangat dibatasi. Jangan ragu untuk menutup beberapa ruangan dengan cara mengidentifikasi beberapa area perkantoran yang menarik orang berkumpul untuk ditutup sementara atau digunakan menjadi area lain, misalnya pantry maupun gazebo.

  1. Antisipasi dini terhadap tamu

Meskipun ada pembatasan, namun tidak menutup kemungkinan tamu untuk tetap datang karena kebutuhan satu dan lain hal. Sehingga perusahaan juga diharuskan untuk menginformasikan karyawan, rekanan, maupun pelanggan mengenai langkah-langkah yang bertujuan untuk memastikan seluruhnya yang berada di kantor tetap aman. Saat ini SISI juga telah melakukan antisipasi untuk tamu yang akan datang dengan melakukan self assessment yang telah disediakan, pengecekan suhu tubuh dan menginformasikan lokasi cuci tangan atau desinfektan sebagai langkah preventif dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Jadi sistem keamanan akan berjalan dalam dua arah.

 

Dalam kondisi yang baru ini pastinya banyak sekali adaptasi yang dilakukan. Walaupun sudah beraktivitas memang terkadang kekhawatiran itu masih ada, akan tetapi jika kita melakukan kiat di atas dan tetap mematuhi anjuran pemerintah maka kita akan lebih tenang dan aman dalam menghadapi pandemi virus corona ini. Untuk itu tetap jaga kesehatan dan patuhi anjuran pemerintah, ya!

New normal bukan berarti bebas beraktivitas, tetapi lebih tentang penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari seperti di kantor atau di tempat umum lainnya bahkan saat berada di rumah. Mengingat angka positif COVID-19 masih terus meningkat, maka ada baiknya kita semua sama-sama menerapkan dengan baik protokol kesehatan yang berlaku di kondisi new normal ini,” ungkap Inka Cut Nurbaiti selaku general Affair SISI site Jakarta.