Menuju Era Baru Pelabuhan, SISI Benahi Infrastruktur Terminal Khusus Tuban

Monday, 29 June 2020

Jasa kepelabuhanan saat ini menjadi salah satu kunci perkembangan transportasi laut dan sistem logistik menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia. Kondisi jasa kepelabuhanan yang baik dan berdaya saing global dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi efisiensi pelayanan pelabuhan. Melihat persaingan bisnis global saat ini, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk selalu berusaha menjadi yang terdepan, salah satunya menjadikan Terminal Khusus Pelabuhan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menjadi pelabuhan yang mempunyai integrated system management yang sesuai standar.

Saat ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan pembenahan termasuk pada pengembangan infrastruktur pelabuhan, penggunaan sistem teknologi, dan manajemen pengelolaan. Hal tersebut dibuktikan dalam kerjasama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan SISI dalam melakukan pengelolaan gate system dan pemasangan security CCTV system pelabuhan.

Pekerjaan ini akan dilaksanakan pada pelabuhan wilayah Tuban dengan jangka waktu hingga 4 bulan mendatang. Adapun pekerjaan ini bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan akses keluar masuk baik kendaraan maupun orang yang berada dalam wilayah terminal khusus, memberikan informasi dan status atas orang dan kendaraan, dan compliance terhadap standar/regulasi yang berlaku untuk pelabuhan atau terminal khusus. Hal lain yang tak kalah cukup penting adalah untuk meningkatkan keamanan di area terminal khusus Pelabuhan Tuban.

Dimas Ady Prasetya selaku Project Manager SISI dalam pengerjaan gate system ini menyampaikan bahwa pelabuhan Tuban telah menjadi salah satu pionir dari cabang-cabang pelabuhan untuk distribusi logistik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggunaan gate system ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna jasa.

“Semoga kerjasama ini nantinya sesuai dengan harapan untuk meningkatkan kenyamanan dan keteraturan pengguna jasa Terminal Khusus Pelabuhan Tuban,” ujar Dimas dalam wawancara melalui telepon (26/06).

Dalam rangka optimalisasi kerjasama ini, SISI memulai dengan melakukan pembuatan high level design (HLD) hingga instalasi perangkat pada beberapa titik yang telah ditentukan. Dimas optimistis gate system dan pemasangan security CCTV system di Terminal Khusus Pelabuhan Tuban, dapat berlangsung baik dan akan terintegrasi dengan sistem pelayanan lainnya, sehingga kepuasaan pelanggan dapat terpenuhi.