Kenali SIGuard Covid Ranger, Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19

Friday, 19 June 2020

Tidak bisa dipungkiri dampak dari pandemi covid-19 atau virus corona ini memang cukup dahsyat. Berdasarkan data per 18 Juni 2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, total jumlah penderita positif corona di Indonesia mencapai 42.762 orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 1331 kasus dari hari sebelumnya. Dahsyatnya dampak ini tentu berimbas kepada perekonomian. Di masa pandemi seperti ini banyak perusahaan yang tidak dapat menjalankan bisnisnya seperti biasa.

Berbagai cara dilakukan oleh sebagian perusahaan agar tetap bisa menjalankan bisnis dengan baik namun sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah. Upaya yang merupakan wujud dari pencegahan penyebaran Covid-19 ini salah satunya seperti melakukan pembentukan tim khusus atau agen penanggulangan Covid-19 dalam perusahaan. Cara ini juga dilakukan oleh SIG (Semen Indonesia Group) bersama dengan seluruh anak usahanya salah satunya SISI melalui pembentukan tim SIGuard Covid Ranger. SIGuard Covid Ranger menjadi representatif dari tim Covid Ranger Semen Indonesia Group (SIG) dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 utamanya di lingkungan kerja Semen Indonesia Group.

SIGuard Covid Ranger sebagai agent of change untuk mengedukasi dan memantau tatanan aturan The New Normal di tengah pandemi agar produktivitas terus terjaga. Saat ini terdapat dua perwakilan dari SISI yang tergabung dalam SIGuard Covid Ranger yakni, Ichtiar Testament Gea dari partnership SISI dan Riama Rosalina dari finance SISI.

“Saya rasa kesehatan adalah tanggung jawab pribadi masing-masing. Namun dengan tergabung menjadi SIGuard Covid Ranger ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk menjaga hidup sehat dan harus tetap sehat dimulai dari saya dan mengajak orang disekitar kita, ” ujar Ichtiar Testament Gea yang dikenal dengan sapaan Gea ini.

Tim SIGuard Covid Ranger ini telah terbentuk sejak 28 Mei lalu. Beberapa tugas utama yang saat ini dilakukan SIGuard Covid Ranger diantaranya adalah, eksternal collaboration, internal collaboration, variety approach, hingga positive campaign.  

“Beberapa program kerja sudah terlihat di lingkungan kerja kita, mulai dari seminar edukasi minggu lalu dan positive campaign melalui visual dan jingle. Tentu ke depannya masih ada program-program lanjutan lainnya,” jelas Gea.

Dalam waktu dekat, rencananya tim SIGuard Covid Ranger Ranger akan melakukan pembagian masker setiap harinya bagi karyawan Semen Indonesia Group yang harus masuk kerja baik di kantor ataupun pabrik. Selain itu ada hand wash challenge, video challenge cuci tangan dalam mempraktikkan budaya hidup bersih dan sehat.

Di lingkungan kerja Semen Indonesia Group saat ini sejumlah aturan khusus juga tetap dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19, mulai dari hanya sebagian karyawan yang diperbolehkan bekerja dari kantor, membatalkan izin kegiatan yang melibatkan banyak orang, hingga melakukan pembatasan sosial.

Melalui langkah antisipasi dan kesiapsiagaan ini, tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi karyawan yang akan melakukan Work From Office (WFO) dan Work From Home (WFH), serta mendapatkan informasi dalam melakukan pencegahan sedini mungkin. SIguard Ranger akan selalu menjadi pengingat bagi Sobat SISI untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat selama menjalani The New Normal. Ayo berubah, kita pasti bisa!