Kerja Remote, Siapa Takut Tidak Produktif?

Friday, 9 September 2022

Kini mulai banyak perusahaan startup maupun skala besar menerapkan kerja remote. Tren kerja saat ini membawa milenial untuk memilih kantor dengan fleksibilitas yang memungkinkan mereka dapat bekerja di mana saja secara remote. Terlebih, bekerja secara remote memberikan banyak keuntungan baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Agar tetap produktif, lakukan beberapa cara ini:

 

Buat Jadwal Harian

Tips pertama agar tetap produktif adalah buat jadwal harian. Tips ini menjadi bagian paling penting agar tetap produktif saat bekerja secara remote. Dengan adanya jadwal harian maka seluruh pekerjaan dapat lebih terakomodir dan seluruh kegiatan dapat lebih terstruktur dengan baik. 

Layaknya ketika sekolah, di jadwal pekerjaan ini juga Anda tentukan kapan selesainya. Buat prioritas mana yang lebih dulu dikerjakan. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu memikirkan apa yang harus dilakukan sebelumnya. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan manajemen kerja yang saat ini banyak tersedia secara gratis untuk memudahkan pengecekan tugas harian dan pencapaian target yang sudah dijadwalkan. 

Tentukan Tempat Ternyaman 

Tips yang kedua ini bisa jadi hal yang menjadikan mood Anda baik dalam bekerja. Ini dapat membantu anda menjadi produktif meskipun anda sedang bekerja secara remote. Karena menentukan tempat ternyaman ini dapat membantu pikiran selalu berpikir jernih dan dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Jika masih bingung cara penentuan tempat yang cocok untuk remote, berikut beberapa tips nya :

  • Ruangan yang sepi/kosong
  • Ruangan yang jauh dari distraksi 
  • Jauhi ruangan yang membuat kantuk

Di saat sudah menemukan tempat ternyaman, maka pikiran juga bisa semakin fokus dan produktivitas tetap terjaga. Satu tempat yang pas bisa membuat Anda keasyikan loh dalam bekerja. 

Pastikan Selalu Responsif

Berbeda dengan di kantor, ketika bekerja secara remote pastinya ada jarak yang memisahkan antara Anda dengan rekan kerja lainnya. Pastikan Anda saling terhubung dan bisa juga memanfaatkan teknologi digital saat ini untuk saling berkomunikasi. Pastikan juga selalu tetap responsif saat jam kerja dimulai hingga jam kerja selesai. Responsif ini sangat dibutuhkan agar diperoleh pekerjaan yang produktif dan maksimal.

 

Created by : Prima Luhur pambudi

Edit by : Itsnaini Luthfiah