Lakukan Hal Ini Untuk agar Tetap Produktif saat WFH

Friday, 2 September 2022

Beberapa tahun terakhir, COVID-19 seakan menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat. Sehingga dengan adanya pandemi ini, juga mempengaruhi cara beraktivitas masyarakat yang mulai beralih untuk lebih banyak beraktivitas dengan work from home (WFH).

Setelah pandemi COVID-19 berakhir, WFH juga tetap menjadi alternatif selama masa post pandemi. Namun jangan lupa untuk tetap produktif karena ini akan membantu Anda dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin sehingga menghasilkan pekerjaan atau karir sesuai yang diinginkan. Alih-alih sebagai solusi pandemi, kini pola kerja work from home malah mempunyai keuntungan yang besar jika masih diterapkan, seperti contoh Anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk pergi ke kantor untuk bekerja. 

 

Tips Tetap Produktif Saat Work From Home 

 

Buat Jadwal Harian atau to-do-list

Tips pertama ini bagian paling penting agar tetap produktif saat WFH karena kalau anda tidak membuat jadwal harian maka pekerjaan anda akan berantakan. Jika pekerjaan Anda berantakan maka bisa disebut tidak produktif. Dengan membuat jadwal, Anda tahu apa yang harus dilakukan berdasarkan prioritas yang ada. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu memikirkan apa yang harus dilakukan sebelumnya. Jadwal dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, baik harian maupun mingguan.

 

Tentukan Tempat Ternyaman Di Rumah

Yang kedua adalah tentukan tempat ternyaman di rumah, tips ini dapat membantu anda menjadi produktif meskipun anda sedang melaksanakan work from home. Penentuan tempat ternyaman di rumah ini juga penting agar dapat membantu pikiran anda untuk berpikir jernih. Adapun tips menentukan tempat ternyaman di rumah yaitu :

  • Ruangan yang sepi/kosong
  • Ruangan yang jauh dari distraksi, seperti kegiatan dapur atau mesin cuci
  • Ruangan yang tidak ada kasur

Di saat sudah menemukan tempat ternyaman yang anda tentukan maka pikiran kamu bisa tetap fokus dan produktivitas tetap terjaga. 

 

Pastikan selalu responsif dan terkoneksi

Berbeda dengan di kantor yang anda dapat bertemu langsung dengan rekan kerja, work from home pastinya ada jarak yang memisahkan antara anda dengan rekan kerja pastinya dan untuk berinteraksi harus menggunakan teknologi digital. Maka dari itu anda harus tetap responsif saat jam kerja dimulai hingga jam kerja selesai. Sikap responsif ini sangat dibutuhkan pada saat work from home yang dimana anda berjauhan dengan rekan kerja anda.

Jika anda kurang responsif pada saat WFH maka akan merugikan anda dan rekan kerja jika mungkin ada keperluan mendesak yang membutuhkan tenaga kerja anda. Pastikan koneksi internet tetap terjaga stabil juga karena jika tidak maka akan mengganggu responsivitas anda juga yang dapat menghambat waktu produktivitas kerja anda.

 

Pisahkan kehidupan kerja dan pribadi

Salah satu hal yang membuat WFH terasa begitu lama adalah sulitnya memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jika Anda bekerja di kantor, urusan profesional ditangani di kantor dan pekerjaan rumah tangga ditangani di rumah. Tetapi jika Anda bekerja dari rumah, kedua hal itu ada di  tempat yang sama.

Solusinya adalah menentukan kalender dan waktu dengan lebih baik. Jadi kehidupan profesional dan kehidupan pribadi tetap berada dalam bagian yang terpisah. Misalnya, waktu di pagi hari sebelum mulai bekerja yang Anda gunakan untuk membersihkan barang-barang di rumah. Misalnya memasak dan bersih-bersih. Jadi ketika waktunya bekerja, pekerjaan rumah tidak mengganggu anda lagi. 

Jika sudah memasuki jam kerja maka tinggalkanlah sejenak pekerjaan rumah yang dapat mengganggu produktivitas kerja anda, jika menjadikan satu antara jam kerja dengan urusan rumah tangga maka akan kalah salah satu dari kedua itu. Maka jadilah orang yang profesional dalam bekerja sehingga atasan dapat mengapresiasi itu.

Juga, jika Anda menikmati menghabiskan waktu bersama keluarga di malam hari, bantu anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah, menonton TV bersama, dll. Komunikasikan dengan rekan kerja Anda. Misalnya, Anda tidak dapat memeriksa dan membalas email setelah jam 6 sore. Kecuali jika sangat mendesak dan tidak bisa ditunda sampai besok.  Oleh karena itu, ada batas waktu  antara pekerjaan internal dan pekerjaan profesional.

 

Nah itu dia sobat, tips untuk tetap produktif saat WFH. Jangan lupa untuk tetap produktif saat bekerja ya! 

 

Created by : Prima Luhur Pambudi

Edited by : Itsnaini Luthfiah