Manfaatkan Teknologi untuk Dukung Produktivitas Bisnis

Friday, 16 September 2022

Kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat berdampak pada perubahan cara hidup yang dilakoni masyarakat saat ini. Perkembangan teknologi telah menyentuh seluruh aspek kehidupan mulai dari sektor perbankan, telekomunikasi, pendidikan, hingga sektor kesehatan. Kemajuan dan inovasi yang terjadi secara terus-menerus tentu memberikan dampak positif dan juga negatif. Dampak utama yang bisa dirasakan adalah adanya berbagai aktivitas menjadi lebih mudah dan efisien tak terkecuali untuk bisnis.

 

Kehadiran teknologi ini tentu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini jelas akan berdampak besar bagi bisnis. Berikut beberapa manfaat kemajuan teknologi untuk dukung produktivitas Bisnis Anda,

  • Mengubah cara konvensional menjadi otomatis

Ketika teknologi sudah booming, otomatis hampir tidak ada lagi sekat geografis maupun waktu. Walaupun tidak dapat sepenuhnya menggantikan manusia, namun teknologi dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan mengubah cara-cara yang biasa dilakukan dengan konvensional menjadi lebih otomatis. 

Dengan hadirnya berbagai software yang dapat membantu hal-hal yang bersifat administratif pada bisnis, Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan strategi dan tim Anda dapat lebih fokus mengerjakan hal-hal yang sifatnya esensial.  Dengan demikian, produktivitas tim bisa jadi lebih meningkat.

  • Waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat

Jika lazimnya dulu kita melakukan semua pekerjaan secara offline, berarti kita harus bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan adanya bantuan teknologi yang ada saat ini kita dapat melakukan berbagai hal tanpa harus berpindah tempat. Teknologi kini juga banyak menawarkan berbagai fitur seperti melakukan pemesanan, mendelegasikan tugas dan berkomunikasi dengan tim sehingga lebih fleksibel dan praktis. Jadi waktu yang Anda butuhkan semakin lebih ringkas bukan? 

  • Menghemat biaya untuk promosi dan pemasaran

Selain menghemat waktu, teknologi kini juga dapat membantu Anda menghemat biaya. Dengan fleksibilitas dan kepraktisan yang ditawarkan platform online, Anda dapat menyesuaikan berbagai keperluan bisnis dengan lebih efisien.

Selain itu perkembangan teknologi saat ini dapat membantu pemasaran bisnis jauh lebih mudah dan praktis. Biaya yang dikeluarkan pun sudah tidak lagi seperti pemasaran produk pada jaman dulu. Dulu untuk memasarkan sebuah produk, Anda harus membagikan brosur atau beriklan di radio atau televisi. Namun kini, ada berbagai macam platform online yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis mulai dari iklan online, website media sosial dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, sekarang ini juga muncul berbagai platform yang dapat membantu memasarkan bisnis dengan lebih tepat. Misalnya, sekarang ini sudah ada tools yang dapat mengukur efektivitas strategi pemasaran yang dijalankan atau membantu Anda menghasilkan desain yang lebih menarik. Dengan memanfaatkan tools dan platform yang ada. Jangkauan pasar yang dihasilkan pun kini lebih banyak merujuk pada konsumen potensial dengan lebih cepat dan tepat. 

  • Sistem terintegrasi di semua lini

Jika saat ini Anda memiliki beberapa cabang usaha, Anda sudah tidak terlalu pusing untuk memonitoring masing-masing cabangnya. Dengan bantuan teknologi, Anda dapat memonitoring dengan mengintegrasikan masing-masing cabangnya, dan meresponnya dengan lebih cepat ketika ada kendala. Para stakeholder perusahaan maupun manajemen dapat dengan cepat mengetahui kondisi kantor cabang tanpa perlu mengunjunginya. Hal ini akan jauh lebih efektif dan tidak membutuhkan biaya akomodasi lagi.

Itu tadi beberapa manfaat yang kita peroleh ketika memanfaatkan teknologi. Berbagai manfaat tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal, dan tentu tidak luput dari keberhasilan pakar IT yang telah menciptakan inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bisnis. 

Agar lebih tepat guna, ada baiknya Anda memilih dengan bijak konsultan IT yang akan membantu Anda dalam melakukan transformasi digital perusahaan. Saat ini SISI terus dipercaya untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dari berbagai industri di Indonesia melalui transformasi digital. Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasikan kebutuhan solusi teknologi bisnis Anda.