Mulai Saja Dulu, Cerita Perjalanan Erry Kurniawanto dalam Karir

Friday, 15 January 2021

Erry Kurniawanto atau biasa disapa dengan Erry, Advisor SISI masih menjadi inspirator bagi sebagian dari kita. Setelah lulus dari Teknologi Informasi Universitas Telkom, Erry telah membuktikan betapa susah dan sekaligus nikmatnya membuktikan diri bahwa masing-masing dari diri kita mampu keluar dari zona nyaman.

Sejak awal merintis karirnya, Erry seringkali melakukan challenge pada dirinya sendiri atas apa yang belum pernah ia lakukan. Semenjak resmi masuk menjadi bagian dari karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, banyak gebrakan baru yang berhasil dilakukannya seperti pada tahun 2009, dirinya dipercaya memegang proyek integrasi sistem seluruh anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang dilakukannya bersama dengan tim. Hal lain yang tak kalah mengejutkan pada saat itu, dirinya ikut serta terlibat dalam proyek network di luar negeri pada saat akuisisi Thang Long Cement Joint Stock Company, yang pada saat itu dirinya mengaku ditunjuk selang satu hari sebelum keberangkatannya ke Vietnam.

Tidak berhenti disitu saja, Erry juga pernah menempati posisi SM of Talent Management, berkutat dengan SDM, yang mana dirinya sendiri memiliki background sebagai seorang IT engineer. Menurutnya, walaupun sulit, namun sedikit demi sedikit harus mulai mencobanya. Kalau sudah terbiasa, nantinya tidak akan merasa kesulitan lagi untuk melakukannya pekerjaan lain yang lebih sulit dan bukan bidang keahliannya. 

“Saya selalu ingat apa yang bapak saya katakan, ambilah peluang, bertanggung jawab, dan bekerja keraslah secara efisien, yang penting mulai saja dulu,” ujar Erry. Hal tersebut juga menjadi nilai yang selalu dipegang oleh Erry dalam setiap tindakannya. Baginya kunci sukses pertama dalam berkarir adalah adanya role model atau teladan dari keluarga. Ia tidak ragu menjadikan bapaknya, menjadi role model tersebut.

Di lain sisi dukungan keluarga juga tak kalah penting bagi dirinya. Menurutnya, tidak ada hal yang tidak mungkin jika semuanya mendukung karena keluarga adalah mitra utama bagi seorang yang menjalankan karir. Di sela kesibukannya, dia selalu menyempatkan diri bermain bersama anak-anaknya atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sebelum berkiprah di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Erry sendiri juga sudah banyak melakoni berbagai pekerjaan, salah satunya terlibat dalam proyek pengembangan CDMA yang dulu masih santer terdengar. Bagi Erry, selain konsisten dan punya tekad yang tinggi, dalam meraih kesuksesan juga perlu memiliki keinginan untuk terus belajar dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman yang begitu cepat menjadi landasan utamanya mengapa dirinya berani mengambil risiko yang bukan bidangnya.