Pandemi Bukan Halangan Bersilaturahmi, Bisa Kok Pakai Cara Ini!

Wednesday, 20 May 2020

Demi mencegah penularan infeksi virus corona atau Covid-19, banyak pihak menyerukan imbauan jarak sosial atau social distancing. Hal ini tentu membuat masyarakat Indonesia harus mengurangi beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di hari raya Idul Fitri nanti. Silaturahmi dengan sanak famili secara tatap muka juga tak bisa dilakukan pada lebaran tahun ini.

Meskipun tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga dan kerabat, kita juga tetap bisa bersilaturahmi secara virtual melalui teknologi komunikasi. Dengan adanya pandemi ini seharusnya tidak menjadi penghalang namun justru menjadi pemicu agar dengan silaturahmi, dan kita bisa saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapinya. Berikut adalah tips bagaimana cara menjaga silaturahmi saat Ramadan di tengah pandemi Covid-19, simak yuk:

 

  1. Telepon atau Video Call

Kalau lebaran tahun sebelumnya kita selalu berkumpul dengan sanak saudara, lebaran tahun ini bakal jauh berbeda. Dalam era serba digital saat ini, silaturahmi lebaran bisa dilakukan secara daring (online). Jangan sungkan untuk menelpon atau video call teman dan keluarga. Cara komunikasi seperti ini pasti cukup membantu mengobati rasa rindu karena tidak bisa bertemu secara langsung.

Tentu bersilaturahmi secara online akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi Sebagian orang, walaupun tidak bisa bertatapan secara langsung tetapi masih bisa mendengar tawa dan melihat teman atau kerabat diwaktu yang bersamaan.

 

  1. Gunakan aplikasi chat dan media sosial

Cara menjaga silaturahmi di tengah pandemi Covid-19 lainnya ialah dengan mengucapkan ucapan maaf lebaran via online. Kita bisa saling mengucapkan selamat hari raya idul fitri lewat pesan singkat misalnya menggunakan media sosial, line, atau whatsapp.

Manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan teman dan kerabat. Lakukan interaksi yang positif seperti mengucapkan mohon maaf atas salah dan khilaf atau saling menyemangati. Namun perlu diingat, hindari memberikan komentar yang negatif atau hate speech ya di tengah pandemi seperti ini.

 

  1. Lakukan Video Conference

Kalau saja video call hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang saja, lakukan video conference untuk partisipan yang banyak. Saat ini ada banyak aplikasi yang memungkinkan video call dilakukan oleh banyak orang sekaligus. Saat melakukan video conference, setiap orang bisa melakukan aktivitas yang dilakukan saat lebaran biasanya seperti menyiapkan makanan dan minuman lalu menikmatinya secara virtual.

Momen pandemi ini bukan penghalang untuk berbagi kebersamaan dan kebahagiaan, justru dapat mengubah cara pandang kita jadi lebih adaptif dan kreatif. Jadi meskipun terpisah jarak, kita tetap bisa saling berbagi kabar satu sama lain ya.