Bijak Menggunakan Internet Yuk Dengan 5 Tips Ini!

Friday, 29 May 2020

Saat ini kita berada pada zaman di mana internet seolah telah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang cukup rumit, semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Meskipun teknologi dapat memudahkan banyak urusan dan pekerjaan, namun keberadaan internet yang cenderung bebas perlu kebijakan pengguna dalam pemanfaatannya. Masyarakat perlu memiliki literasi digital yang baik agar dapat menjadi pengguna yang baik dan aman dalam berinternet. Berikut ini 4 cara bijak menggunakan internet di tengah pandemi:

  1. Hanya unggah konten bermanfaat

Saat berinternet, hati-hatilah dalam mengunggah foto, gambar, komentar, atau pesan. Pasalnya seseorang sekali saja mengunggah konten atau sesuatu yang negatif, jejak digitalnya akan ada di internet selamanya dan nyaris tidak bisa dihapus. Penting diketahui kapan waktunya harus posting atau tidak. Jejak digital sewaktu-waktu bisa menjadi bumerang bagi kita sendiri.

  1. Jaga dan lindungi privasi

Jangan pernah sekalipun membagikan data pribadi di internet seperti alamat, e-mail, nomor telepon dan dokumen sekolah atau instansi di internet. Data pribadi rentan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Akses situs aman

Sebelum mengklik tautan atau memasukkan sandi di situs yang belum pernah dikunjungi, periksa terlebih dahulu apakah URL situsnya sesuai dengan nama dan informasi perusahaan atau produk yang dicari. Pastikan URL situs dimulai dengan “https://” dengan ikon gembok hijau kecil di sebelah kirinya.

  1. Jangan mudah tergiur hal yang belum jelas

Jika ada e-mail atau situs menawarkan sesuatu yang tidak masuk akal, seperti peluang untuk menghasilkan banyak uang atau menang undian ratusan juta, sudah pasti itu tidak benar. Sebaiknya cek e-mail dan situs resmi dari instansi yang bersangkutan. Scam lainnya juga terkadang bisa berbentuk instruksi untuk mengunduh suatu software yang berisi malware sehingga dapat menyebabkan virus di perangkat kita.

  1. Jadilah pengguna internet bijak

Perlakukan orang lain sebagaimana pantasnya, seperti perlakuan orang lain yang kita harapkan terhadap kita. Hal ini juga berlaku di internet bukan hanya di kehidupan nyata saja, karena saat ini sedang marak kasus cyberbullying yang membuat korbannya depresi bahkan melakukan dan mengakibatkan hal-hal fatal.

5 hal di atas merupakan beberapa contoh yang bisa diterapkan untuk menyeimbangkan penggunaan internet dan kehidupan dengan lebih baik. Mari bijak menggunakan internet dengan berpikir kreatif dan bertanggung jawab.