Pengingat untuk Memaknai Hidup dengan Lebih Positif

Friday, 13 May 2022

Mengawali hari-hari setelah libur panjang terkadang membuat kita berefleksi diri dalam memaknai hidup. Ada kenyataan tertentu yang harus diterima dalam kehidupan, seperti hal yang kita suka yang beriringan hadir dengan hal yang tidak kita sukai. Pada kenyataannya sesuatu yang sudah terjadi tidak dapat kita ubah, namun ini akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik ke depannya. Berikut beberapa tips nya agar kita dapat memaknai hidup dengan lebih positif.

 

Awali hari dengan bersyukur

Seringnya kita terlalu fokus pada hal-hal besar dan cenderung mengabaikan hal-hal kecil. Padahal kunci untuk dapat menikmati hidup adalah dengan mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Seperti bersyukur karena masih mendapatkan kesempatan untuk membuka mata di pagi hari, menghirup udara dengan bebas, menikmati alam, dan lain sebagainya.

Jangan menunggu bahagia untuk bersyukur, namun bersyukurlah agar bahagia. Dan yang tidak kalah penting dalam bersyukur, adalah berhenti membandingkan kebahagiaanmu dengan orang lain. Setiap orang memiliki standar yang berbeda dan ketika kebahagiaan itu diperbandingkan, maka saat itulah kita mulai kehilangan kebahagiaan. 

Sadari waktu yang terbatas

Sadari bahwa kita hidup di dunia tentu memiliki masa tenggang. Tidak ada yang kekal di dunia ini, begitu pula kita tentunya pada akhirnya akan mengalami mati. Sehingga dengan hal ini alangkah lebih baik kita tidak menyia-nyiakan waktu tersebut. Pastikan kita selalu berfokus pada hal penting dan melakukan berbagai hal dengan sebaik mungkin.

Wujudkan keinginan dengan sebaik mungkin

Setiap pencapaian berharga membutuhkan lebih banyak upaya dan usaha. Mengerti dengan lebih baik tentang hal ini akan membuat seseorang tidak lelah berjuang dan menemukan makna hidup dalam menghadapi tantangan yang ada.

Tapi jangan lupa, bahwa menjalani hidup harus juga seimbang. Jangan sampai karena terlalu fokus mempersiapkan masa depan, kita jadi tidak bisa menikmati hidup di masa sekarang. Jalani hari ini dengan sepenuh hati tanpa menyingkirkan tindakan dan perencanaan untuk masa depan.

Selalu berpikir positif

Hidup di dunia adalah cerminan diri. Jika kita berpikir positif maka dunia akan menyambut dengan hal-hal positif dan menyenangkan. Sebaliknya, jika kita berpikir negatif maka dunia akan melakukan hal yang tidak menyenangkan. 

Tidak perlu terlalu memikirkan orang lain. Fokuslah dengan hal yang membuat kamu bahagia. Tidak perlu juga membuat aturan yang rumit untuk bahagia. Cukup lakukan hal yang sederhana dan selalu menjadi orang yang berpikir positif.

Berpikir lebih realistis 

Banyak hal yang tidak dapat diubah dalam kehidupan, tetapi mengenalinya dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan bahagia. Jangan hidup dengan selalu dominasi perasaan disegala hal karena untuk meminimalkan rasa kecewa. Jangan pula mudah berekspektasi terlalu tinggi pada orang lain.

Bagaimana pun juga, menaruh harapan yang terlalu tinggi pada seseorang akan menimbulkan kekecewaaan jika tidak sesuai dengan harapan kita. Berpikirlah realistis, jangan membebani hidup sendiri dengan ekspektasi dan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Jalani hidup ini dengan apa adanya.

Lakukan hobi yang kamu sukai

Kunci terakhir agar kita bisa menikmati hidup adalah mengelilingi diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang positif. Lakukan beberapa kegiatan yang positif seperti melakukan hobi yang kamu sukai. 

 

Itu tadi beberapa tips sederhana sebagai pengingat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memaknai hidup dengan lebih positif merupakan bentuk kendali untuk tetap mengingat banyak kebaikan yang kamu peroleh, sehingga mampu melakukan segala hal dengan lebih baik lagi. Semoga tips berikut bermanfaat ya Sobat!