Penguatan Budaya K3, SISI Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama bersama PMI

Tuesday, 5 March 2024

Dalam rangka peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, SISI menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan Pertama pada hari Selasa, 27 Februari 2024. Acara ini diadakan secara hybrid, di head office SISI – Graha Aktiva, Jakarta dan juga melalui platform online, dihadiri oleh seluruh karyawan PT SISI.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman karyawan tentang pentingnya K3 di tempat kerja. Narasumber Neza Agustina dan Bapak Zamzamil dari Palang Merah Indonesia (PMI) memaparkan materi tentang berbagai aspek K3, seperti pentingnya K3 untuk keselamatan dan kesehatan karyawan, peraturan dan perundang-undangan tentang K3, pengenalan potensi bahaya dan risiko di tempat kerja, prosedur dan cara kerja aman, dan penggunaan alat pelindung diri (APD). 

Rangkaian acara ini juga di isi dengan dengan pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi karyawan. Pemeriksaan kesehatan meliputi tes gula darah, asam urat, kolesterol, golongan darah, dan tekanan darah.

Welly Adia selaku VP of Corporate Service, dalam sambutannya menyampaikan bahwa K3 merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Setiap orang berhak bekerja di tempat yang aman dan nyaman, bebas dari bahaya dan risiko. Ia pun menjelaskan bahwa risiko bisa muncul di mana saja.

“Risiko ada di mana saja, termasuk di kantor. Kemarin kita mengikuti simulasi kebakaran gedung, dan hari ini kita melakukan pelatihan pertolongan pertama. Pahami materinya dengan baik, jangan hanya mengandalkan asuransi kesehatan. Pelatihan ini memang tidak sepenuhnya mengatasi risiko yang terjadi, tapi setidaknya dapat meminimalisirnya,” ujar Welly.

Acara pelatihan dalam rangka peringatan bulan K3 nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan komitmen karyawan SISI terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dengan demikian, budaya K3 dapat senantiasa terwujud sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh karyawan.