Penting! 3 Hal Ini Harus Diperhatikan Saat Bekerja Dari Rumah Selama Bulan Puasa

Friday, 8 May 2020

Selama bulan puasa secara umum aktivitas sehari-hari kerap berubah, termasuk urusan aktivitas kerja. Waktu aktivitas yang berubah seperti contoh makan dan tidur bisa membuat kondisi tubuh terkadang kurang fit dan prima. Lalu, seperti apa caranya agar kondisi badan tetap stabil bagi Anda yang bekerja?

Bagi beberapa orang, jika tidak disikapi dengan baik terkadang puasa terasa menjadi berat saat bekerja. Berpuasa seringkali membuat bekerja tidak bersemangat atau bahkan dilanda lelah dan kantuk yang tidak terhenti. Padahal, kita dituntut untuk tetap profesional meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Untuk menghadapi beberapa hal tersebut, Rahmad Risqinov salah satu tim Business Service Center SISI yang biasa disapa Oki ingin berbagi tips yang harus diperhatikan selama berpuasa sambil bekerja dari rumah, di antaranya:

 

  1. Jaga pola makan sehat dan jangan lewatkan sahur agar tubuh tetap fit

Saat puasa, terkadang seseorang akan mengalami susah tidur karena pengaruh dari perubahan waktu makan. Untuk mengatasinya, sebaiknya kita membiasakan diri untuk menjalani perubahan pola makan tersebut. Dalam mencapai kondisi tetap fit dan prima makanan harus sehat dan mencukupi segala aspek.

Seperti yang dilakukan Oki, dirinya mengaku selalu berusaha perhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya harus seimbang, ada karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Namun perlu juga diingat, selain kandungannya, harus perhatikan porsi makanannya ya, jangan sampai kurang ataupun berlebihan.

Selain itu, hal penting lainnya ialah jangan lewatkan santap sahur. Sebisa mungkin jangan lewatkan ini untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Sebab akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari kalian.

  1. Jaga work-life balance

Menjalani WFH atau bekerja dari rumah bisa menjadi sangat berbahaya jika kita mudah tergoda oleh penundaan dan berbagai gangguan di sekitar rumah, sehingga produktivitas terhambat dan  kalian menjadi kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah jika kalian termasuk orang yang mudah terganggu Oki punya tips buat kalian, ada baiknya menyiapkan area khusus yang nyaman untuk bekerja. Tulis daftar tugas harian dan mingguan yang harus kalian kerjakan dan selesaikan agar tetap fokus.  Tentukan kapan kalian harus berhenti bekerja dan kapan harus meninggalkan pekerjaan kantor. Pastikan juga kalian tetap rutin berkomunikasi dengan atasan, karyawan atau tim untuk membantu mengidentifikasi prioritas dan potensi kendala kerja.

  1. Tetap aktif bergerak

Cobalah mengatur waktu di sela-sela bekerja untuk bangun dari tempat duduk dan bergerak atau meregangkan tubuh. Selain menyehatkan tubuh, hal tersebut dapat menjadi cara untuk menghindari rasa kantuk selama berpuasa, apalagi ketika kita harus menghabiskan waktu seharian di rumah. Tentukan juga pengaturan jam kerja, waktu istirahat dan melakukan ibadah seperti ketika kalian bekerja di kantor.

 

Bekerja dari rumah membutuhkan kedisiplinan diri sendiri. Bagi sebagian orang yang tidak pernah bekerja dari rumah apalagi saat bulan puasa, mungkin perlu sedikit waktu untuk penyesuaian. Namun dengan beberapa upaya di atas diharapkan dapat membantu kalian untuk tetap produktif dalam menjalani masa bekerja dari rumah selama bulan puasa. Kuncinya adalah menjaga kesehatan diri sendiri, menetapkan batasan dan menjaga work-life balance.