Ramai Imbauan Kerja Dari Rumah, Caca Berbagi Tips Agar Kamu Tetap Produktif Dalam Bekerja

Friday, 20 March 2020

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus Corona di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Sebagai salah satu langkah preventif, pemerintah meminta agar karyawan dan pegawai perusahaan untuk menerapkan sistem kerja di rumah atau work from home. Seperti halnya yang dilakukan Kharissa Putri Rinda atau sapaan akrabnya Caca salah satu staf Sales Control SISI kali ini.

Bagi Caca melakukan pekerjaan di rumah sebenarnya sama saja harus produktif dan semangat pula. Namun dengan lingkungan yang berbeda seperti biasanya akan membuat kita harus beradaptasi juga. Gerakan WFH ini mendorong dirinya mengubah suasana rumah yang homey menjadi produktif kerja.

Bekerja di rumah menurut Caca bukan berarti bisa meninggalkan kewajiban kantor tentunya. Tips work from home pertama menurutnya adalah kita harus Disiplin dalam mempertahankan jam kerja seperti biasanya. Misalnya, Caca mencontohkan sehari-hari biasanya masuk kantor jam 8 pagi sampai 5 sore, berarti lakukan jadwal yang sama supaya menjadi terbiasa seiring berjalannya waktu.

Caca menambahkan, jika dirumah seringkali kita tidak sadar sering bekerja dengan posisi diam yang lama. Sehingga, sisihkan sedikit waktu olahraga ringan untuk meregangkan otot. Kita juga harus memiliki pedoman yang jelas tentang kapan harus bekerja, istirahat, dan selesai. Dengan begitu kita dapat mempertahankan performa jadi tetap maksimal dan jam istirahat juga tidak terganggu.

Ciptakan lingkungan kerja yang rapi di rumah. Menciptakan lingkungan kerja yang rapi di rumah akan membuat tenang dan nyaman saat bekerja. Selain itu, kita juga bisa lebih fokus untuk bekerja karena tak menyaksikan barang berserakan.

Pastikan terkoneksi dengan atasan dan kolega di kantor. Nah, ini merupakan salah satu poin yang sangat penting. Sebab bekerja sama membutuhkan konektivitas dan komunikasi yang lancar. Seperti halnya Caca saat ini, dirinya yang notabene mengurus administrasi penagihan harus terkoneksi dengan karyawan dari beberapa divisi lain. Tapi dengan teknologi digital saat ini, approval, dokumentasi proyek, dan lainnya dapat dikerjakan oleh Caca lebih mudah melalui fitur seperti CRM, FORCA ERP, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa tips bekerja dari rumah yang bisa kamu terapkan jika saat ini sedang menerapkan sistem kerja remote demi mencegah penyebaran virus Corona. Semoga tips di atas bermanfaat ya. Selamat bekerja dengan nyaman!