Refleksi Hari Kemerdekaan Pada Pekerjaan dan Kehidupan

Friday, 28 August 2020

Bulan Agustus merupakan momen yang sangat bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia sebab pada bulan inilah kemerdekaan Indonesia terwujud pada puluhan tahun silam. Meski kata merdeka dapat bermakna bebas, tapi makna tersebut tentunya tidak dapat terlepas dari tanggung jawab, komitmen dan konsistensi untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut. Sehingga semangat kemerdekaan harus diwujudkan oleh setiap bangsa Indonesia, tak terkecuali bagi para pekerja.

Seperti halnya Zakiyah Ulfah salah satu karyawan PT SISI memaknai kemerdekaan saat ini melalui wujud semangat dan kerja keras dalam melakukan pekerjaannya. “Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko sekaligus juga kesenangan tersendiri bagi pekerja yang mencintai pekerjaannya. Jika sudah mencintai pekerjaan, maka diri akan merasa bebas dan merdeka menyalurkan tenaga dan pikiran untuk memajukan perusahaan dan bangsa.” ungkapnya.

Menurut Zakiyah, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang memetik pembelajaran dari spirit dan teladan para pendiri bangsa. Ketangguhan, pantang menyerah dan daya adaptasi para pahlawan bangsa terdahulu dalam merebut kemerdekaan telah terbukti mampu membawa perjalanan Bangsa Indonesia keluar dari belenggu penjajahan dan merebut kemerdekaan.

Spirit ini tentunya semakin relevan pada kondisi bangsa kita yang tengah menghadapi dampak pandemi Covid-19. Tema Indonesia Maju pada HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini sejatinya merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, makna kemerdekaan tahun ini bukan hanya sebagai kata, tetapi sesungguhnya sebagai kesempatan bagi segenap anak bangsa. Dimulai dari kita mari bersama mengisi kemerdekaan ini dengan tetap semangat bekerja di tengah masa pandemi dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan ya!