Selamat Hari Batik Nasional, Bangga Miliki Batik Sebagai Identitas Indonesia

Friday, 2 October 2020

Setiap tanggal 2 Oktober telah menjadi peringatan Hari Batik Nasional. Batik menjadi warisan Indonesia yang saat ini mendunia dan telah diakui sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak Oktober 2009. Sudah bukan rahasia lagi, jika batik saat ini menjadi tren fashion yang dipakai oleh banyak orang, seperti selebriti bahkan kepala negara di berbagai belahan dunia. Tentu sudah sepantasnya kita sebagai warga negara Indonesia ikut bangga dengan memakai batik. Berikut beberapa alasan kalian wajib bangga dengan warisan Indonesia yang satu ini;

 

  1. Melestarikan budaya dan semangat nasionalisme

Indonesia kaya akan budaya batik. Hampir di seluruh pelosok negeri ini memiliki ciri khas batik masing-masing. Meski kamu mungkin tidak menyadarinya, saat tampil dengan busana batik, kamu secara tidak langsung menunjukkan rasa bangga dan wujud rasa persatuan kita sebagai warga negara Indonesia.

Bahkan saat melihat banyak orang di sekeliling yang menggunakan batik juga, kamu bisa menjadi terharu dan bangga karena menjadi bagian dari mereka yang peduli dengan kelestarian batik.

  1. Membantu roda ekonomi

Saat kita mengenakan produk dari pengrajin batik, kita turut membantu roda perekonomian masyarakat yang terlibat pada proses pembuatan sampai penjualannya. Semakin banyak yang senang memakai batik, semakin banyak orang tertarik menambah koleksi batik, semakin kita punya andil besar dalam mendukung perekonomian Indonesia.

  1. Fashionable

Batik memiliki begitu banyak ragam motif dan warna. Jadi jangan takut terlihat tidak menarik saat memakai batik ya. Kamu bisa memadukan dengan tren busana saat ini, contohnya saja memakai rok batik dengan atasan kaos, blouse batik dengan jeans, bahkan tidak ada yang melarangmu untuk tetap menggunakan sneakers sebagai alas kaki andalan. Hal tersebut membuktikan bahwa batik memang kece saat dipakai. Bukan cuma pada acara resmi saja, tapi juga cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti traveling, jalan bareng teman, atau sekedar kuliah.

 

Jadi, apakah kamu masih merasa tidak punya cukup alasan untuk bangga pakai batik? Banggalah memakai batik dan jadilah generasi yang mencintai budaya bangsa. Yuk kita pakai batik meskipun sedang #dirumahaja