Terapkan Secure Digital Signature, Semen Indonesia Teken Kerja Sama dengan SISI

Monday, 5 October 2020

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk kembali melakukan kerja sama dengan PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) pada 5 Oktober 2020 ini. Kali ini kerja sama dilakukan dalam rangka penerapan Secure Electronic Signature Procurement yang rencananya akan digunakan pada seluruh proses pertukaran data atau surat-menyurat baik yang bersifat internal maupun eksternal dan melalui unit kerja pengadaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Pemanfaatan Secure Digital Signature ini nantinya akan menggantikan proses tanda tangan dokumen pengadaan secara manual menjadi digital. Hal ini juga menjadi langkah preventif dalam mengurangi interaksi langsung pada masa pandemi seperti ini. Perubahan ini pastinya akan memberikan banyak kemudahan. Seperti kemudahan dalam mengakses dokumen, menghemat waktu, keamanan terjamin, sehingga dapat mengurangi risiko kehilangan data (dokumen).

Menurut Linda Purnamasari Commercial Account SISI saat ini mengungkapkan, “Digitalisasi signature ini menjadi langkah dalam upaya mendukung smart government, di mana dapat memberikan keuntungan seperti penjaminan keamanan, proses penerbitan dan penandatanganan dokumen dapat dilakukan secara cepat karena tidak terikat waktu tertentu, selain itu juga paperless, serta bisa dilakukan di mana saja.”

Adapun aplikasi digital signature yang akan digunakan di lingkungan kerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ini telah sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia, yakni menggunakan Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia dan telah diakui. Penerapan teknologi ini tentunya dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna karena tetap memperhatikan aspek hukum tentang sahnya perjanjian kerja dan kekuatan dokumen.

Selanjutnya aplikasi Secure Digital Signature ini akan terintegrasi dengan sistem aplikasi procurement milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam kesempatan ini Linda juga mengungkapkan, pihaknya berharap dengan adanya kerja sama ini, bisa diimplementasikan secara penuh dalam lingkup pengamanan dan penandatanganan elektronik di lingkungan kerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.