Semakin Berkah Di Bulan Suci dengan Dukungan Aplikasi

Friday, 25 March 2022

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Selain kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh, bulan ini juga penuh dengan amalan ibadah yang pahalanya berlipat ganda. Seiring perkembangan waktu, puasa Ramadan beberapa tahun belakang ini terasa jauh lebih menyenangkan. Karena meskipun kita menghadapi banyak tantangan tapi tetap dimudahkan dengan bantuan teknologi.

Di tengah era digital ini peranan teknologi rupanya turut berkontribusi mendukung kegiatan kita selama menjalani ibadah puasa. Beragam aplikasi untuk mendukung berbagai aktivitas saat menjalankan ibadah puasa pun kini sudah banyak tersedia di layanan Play Store maupun App Store. Berikut kami rangkum beberapa aplikasi yang dapat mendukung Anda dalam beribadah selama Ramadan di bulan April mendatang.

  • Aplikasi penujuk arah kiblat

Penunjuk arah kiblat sering kali menjadi sesuatu yang penting bagi seorang muslim apalagi saat bepergian. Arah kiblat inilah yang biasanya menjadi patokan umat muslim untuk melakukan ibadah salat. Dengan bantuan aplikasi penunjuk arah kiblat, maka Anda akan lebih mudah dalam mengetahui dan menentukan kemana seharusnya menghadap saat salat.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui arah kiblat. Beberapa aplikasi di antaranya, Qibla Finder, Muslim Pro, Arah Kiblat 100%, Visual Qibla, dan masih banyak lagi.0

  • Aplikasi Alquran digital

Alquran adalah kitab suci umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup. Saat ini, membaca ayat suci ini bisa dari ragam aplikasi Alquran digital. Membaca Alquran bisa lebih praktis dan fleksibel dengan aplikasi yang bisa digunakan dari gadget atau seluler kita. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi Alquran terbaik yang bisa digunakan dalam kegiatan ibadah di antaranya Aplikasi Umma, Quran Best, dan Al-Quran Indonesia.

  • Aplikasi kajian

Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang paling dinanti dan dirindukan. Keberkahan yang hanya ada pada bulan suci menjadikan umat Islam merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Pada bulan ini manusia juga diharapkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebajikan, salah satunya menimba ilmu melalui kajian.

Kini teknologi digital menyediakan kemudahan akses untuk membantu menimba ilmu agama. Anda dapat memilih kajian dengan ustaz yang sesuai preferensi. Ragam aplikasi yang bisa digunakan seperti, aplikasi Muslimnesia, Tanya Jawab Islam, Yaumi, Muslim.or.id, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Beberapa aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang bukan hanya aplikasi kajian saja, tetapi saat ini juga terdapat penggabungan fitur lain seperti pengingat shalat, aplikasi alqur’an, dsb. Sehingga lebih memudahkan kita dalam melakukan aktivitas di bulan suci ramadan.

  • Kalkulator zakat

Zakat adalah ibadah wajib bagi semua umat Islam di bulan Ramadan, yang harus ditunaikan sebelum salat Idul Fitri. Zakat ini termasuk ke dalam rukun Islam yang keempat. Umumnya pemberian Zakat dilakukan di Masjid. Namun karena pandemi, pembayaran zakat fitrah secara langsung tatap muka menjadi terbatas.

Tapi jangan khawatir, saat ini Anda dapat melakukan pembayaran zakat dengan mudah dan amanah melalui berbagai aplikasi digital yang banyak tersedia di Play Store maupun App Store. Ragam aplikasi yang dapat Anda gunakan diantaranya aplikasi Yaumi, Kitabisa, dan lainnya. Anda juga dapat mengetahui perhitungan wajib zakat sesuai dengan harta yang Anda miliki.

 

Nah itu tadi beberapa aplikasi yang bisa diunduh untuk membantu Anda selama menjalankan ibadah puasa. Sudah begitu banyak aplikasi dibuat untuk memudahkan umat islam dalam beribadah dan menambah pahala setiap harinya. Semoga membantu ya.