Tim Procurement SISI, Dukung Kelangsungan Bisnis dengan Memaksimalkan Produktivitas

Friday, 23 September 2022

Pengadaan atau procurement merupakan hal yang penting dalam manajemen produksi. Seringkali unit kerja ini menangani pemenuhan barang/jasa sesuai dengan kebutuhan dari permintaan unit kerja lain yang ada dalam satu perusahaan tersebut. Kekacauan dalam bidang ini dapat berdampak pada produktivitas perusahaan. Sehingga hal ini memaksa pihak bagian procurement harus menyesuaikan dan mengantisipasinya. 

Dengan adanya unit kerja pengadaan, beberapa tahapan produksi yang terdapat dalam perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Hal tersebut juga dilakukan oleh tim pengadaan SISI yang dipunggawai oleh Mulyadi selaku Manager Procurement. Dalam melaksanakan tugas ia mengaku dirinya dan tim selalu melakukan perencanaan, kontrol, pemeriksaan, dan penyusunan rekomendasi atas seluruh kegiatan terkait dengan pengelolaan operasional pengadaan. 

Mulyadi juga menuturkan bahwa dalam timnya terdapat beberapa personil yang memiliki tugas yang berbeda, untuk memaksimalkan produktivitas tim pengadaan sesuai dengan tujuan perusahaan. Salah satu personilnya, Citra yang harus melakukan segala planning dan evaluasi pengadaan mulai dari verifikasi pemesanan dari user hingga mengelola kerja sama dengan vendor yang tepat. 

Lain halnya Citra, Elisa juga tak kalah produktif dalam melakukan segala pelaksanaan dan pengawasan terhadap pembayaran agar tidak sampai telat jatuh tempo. Dikarenakan banyaknya permintaan barang dan jasa, Riyanti selaku tim juga membantu berbagi tugas untuk melakukan segala pengelolaan permintaan dan pembelian agar segera terpenuhi. Mulyadi menyampaikan bahwa dirinya dan tim melakukan seluruh tindakan proses pengadaan barang atau jasa mulai dari tahap perencanaan, proses dengan vendor, pengambilan keputusan, hingga penerimaan barang dengan berbagi tugas. 

Dalam peranan ini Mulyadi dan tim menyadari bahwa kondisi bisnis yang berkembang menuntut bagian pengadaan harus dapat memberi dukungan penuh bagi perusahaan untuk menghadapi kompetisi bisnis. Hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai efisiensi dan efektifitas. Berbekal ini dirinya dan tim berusaha meningkatkan produktivitas di berbagai lini pengadaan dengan baik. 

“Sejauh ini kami berusaha melakukan perencanaan pengadaan dengan manajemen waktu yang baik. Dengan harapan kami mendapatkan referensi rekanan terbaik semaksimal mungkin untuk persiapan pengadaan yang akan datang,” ucap Mulyadi. 

Memenuhi berbagai permintaan dari berbagai divisi perusahaan yang cukup beragam, Mulyadi dan tim memiliki tips khusus dalam menjalankannya. “Kami biasanya melakukan memaksimalkan perencanaan pengadaan serta melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik kepada para pihak terkait terutama user dan vendor, agar pemenuhan tersebut dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” sambung Mulyadi.