4 Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Adaptasi Bisnis pada Era Digital

Friday, 22 October 2021

Dengan berkembangnya era digital pada saat ini, tentu saja akan ada banyak peluang dan juga tantangan bisnis yang dihadapi. Semakin bebas dan cepatnya arus informasi pada saat ini merupakan salah satu faktor penyebabnya. Tak sedikit yang bisa meraup untung besar karena paham akan peluang yang datang di depan mata namun tak sedikit pula yang mengalami kegagalan. 

Era digital dipandang sebagai era di mana perusahaan harus mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk kepentingan bisnis. Keberadaan teknologi ini juga turut mempengaruhi perkembangan bisnis dari mulai keberagaman konsumen yang lebih variatif dan tantangan lainnya. Namun selain mengoptimalkan penggunaan teknologi digital, penting juga bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk terlebih dahulu melakukan adaptasi. Dirangkum dari Sasana Digital sebaiknya dalam menghadapi era digital Anda perlu perhatikan beberapa aspek berikut ini: 

 

  1. Kecepatan Pelayanan

Layaknya teknologi yang menuntut pemilik bisnis untuk adaptif, masyarakat saat ini pun menuntut produk dan layanan yang serba cepat serta praktis. Jika pemilik bisnis tidak dapat memenuhi hal tersebut, konsekuensinya bisnis akan tergantikan dan ditinggalkan konsumen secara perlahan. Pemilik bisnis dapat mengatasi hal ini dengan meningkatkan kolaborasi melalui teknologi yang ada. Beberapa pemanfaatan teknologi digital yang bisa membantu Anda meningkatkan kecepatan pelayanan bisa didapatkan mulai dari pemanfaatan media sosial, marketplace, hingga sistem aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP). Aplikasi ERP ini dapat Anda gunakan mengintegrasikan proses bisnis dan menyediakan cara yang mudah serta cepat dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat membantu menangani pelanggan dengan lebih cepat dan melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar. 

  1. Adaptasi dengan Digital Marketing

Era digital yang telah terbuka saat ini pertanda pintu perdagangan antar negara di dunia menjadi semakin tidak terbatas. Konsumen saat ini mudah sekali merasa bosan dengan satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup kompleks. Mereka pun lebih pintar dalam memilih produk yang sesuai dengan mereka. Ini menjadi tantangan karena menuntut pemilik bisnis untuk lebih sering memutar otak dan berinovasi dalam menciptakan produk serta jasa. 

Perkembangan era digital pun sedikit banyak telah mempengaruhi pola pikir konsumen. Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu tidak boleh berdiam diri serta perlu beradaptasi dengan strategi marketing yang baru. Bahkan sangat disarankan untuk belajar pola strategi baru melalui digital marketing untuk mendapatkan pengaruh di dunia digital, terutama di media sosial untuk mendapatkan perhatian dari konsumen potensial bisnis Anda.

  1. Kedekatan dengan Customer

Masa new normal akibat pandemi membuat pemilik usaha harus melalui persaingan yang lebih ketat lagi untuk memenangkan hati konsumen melalui produk yang ditawarkan. Selain inovasi dan kualitas yang harus dijaga, strategi pemasaran yang matang menjadi kunci untuk menarik konsumen dalam membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kenali target konsumen dan kecenderungan mereka dalam melakukan pembelian. Dengan itu, pemilik usaha bisa menggunakan kanal promosi yang tepat untuk menggaet konsumen. 

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk,, pastikan Anda telah memanfaatkan dengan teknologi yang dapat menunjangnya seperti contoh penggunaan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat digunakan untuk mengelola setiap journey dari pelanggan perusahan Anda. 

  1. Pantau Biaya

Di tengah ketidakpastian bisnis saat ini, pemilik usaha harus tetap waspada jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam bisnis yang dapat menyebabkan surutnya keuangan. Pemilik usaha perlu melakukan penilaian untuk kondisi keuangan usaha saat ini. Lakukan review dan tetapkan skala prioritas untuk belanja modal serta operasional perusahaan. Penting bagi Anda menyiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi risiko-risiko bisnis kedepannya.

 

Peluang dan tantangan bisnis di era digital adalah dua hal yang bisa membuat Anda semakin tumbuh dalam bisnis yang Anda jalani. Dengan berfokus terhadap beberapa aspek adaptasi bisnis ini, banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan menghadapi semua peluang dan tantangan bisnis yang lebih tepat. Tentu saja itu semua butuh upaya dan juga persiapan yang matang. Hubungi kami untuk berbagai kebutuhan teknologi digital bagi operasional bisnis Anda.