Go Live Aplikasi E-MM/SM dan E-PR, SISI Dukung Efisiensi Proses di Trakindo

Friday, 12 January 2024

Kerja sama Trakindo dan SISI dalam pengembangan aplikasi electronic Material Master / Service Master Request (e-MM/SM Request) dan aplikasi electronic Purchase Request (e-PR) kini telah memasuki fase akhir. Fase akhir ini ditandai dengan agenda phase 1 Go Live e-PR, e-MM Request, dan e-SM Request pada Jumat 27 Oktober 2023 melalui Video Conference, dan kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan pada phase 2 berupa fitur Modify, Deletion & Extend yang telah dimulai pada 1 November 2023.

Pengembangan aplikasi e-MM/SM Request dan e-PR akan mendukung peningkatan efisiensi Trakindo dalam proses permintaan barang/jasa, terutama permintaan pembuatan SAP Material Master (MM) /Service Master (SM) dan pengajuan permintaan barang dan jasa. Dengan pengunaan aplikasi ini,selain lebih cepat juga proses standarisasi pembuatan MM/SM dapat tejaga dan transparan.

Hendi Gunadi, selaku Head of Supply Chain Compliance & Central Procurement (SCCP) Trakindo mengapresiasi kinerja SISI yang dapat menyelesaikan phase 1 kurang dari 2 bulan. Inisiatif ini selaras dengan Procurement Sustainability khususnya environmental factor. Semoga penggunaan e-MM/SM dan e-PR dapat maksimal sehingga Procurement Trakindo ikut berkontribusi mengurangi pengunaan/produksi kertas sehingga mengurangi emisi CO2 dan lainnya.

Ditemui dalam persiapan go live, Miftachur Rozaq selaku SM of Solution Architect SISI mengungkapkan bahwa pihaknya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Go Live Aplikasi e-MM/SM Request dan e-PR di Trakindo. Ia berharap kolaborasi ini akan terjalin dengan baik dan berkelanjutan. “Sampai saat ini kita bisa go live adalah sebuah kerja sama yang kolaboratif dan harus terus terjalin. Proses literasi akan terus berlangsung dan kami berharap akan selalu ada peluang bagi kita untuk memperluas kerja sama dalam dukungan solusi IT,” ujar Miftachur Rozaq.

Sejalan dengan pernyataan Miftachur Rozaq, Robiyanto selaku Project Manager SISI mengungkapkan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin antara SISI dengan Trakindo sehingga pengerjaan aplikasi dapat berjalan dengan baik. Ke depannya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

“Sejalan dengan transformasi digital Trakindo, kami berharap kerja sama ini dapat menciptakan sistem terintegrasi yang efisien dan akurat untuk mengelola data. Melalui aplikasi ini akan mengeliminir pekerjaan yang bersifat manual, sehingga akan memudahkan proses pelaporan serta monitoring operasional bisnis,” ujar Robiyanto.