SIG Jalin Kerja Sama melalui Shared Service Pengelolaan Data Pajak

Monday, 7 March 2022

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan tantangan tersendiri bagi industri di mana data kian tersebar, tidak terintegrasi, dan tantangan lainnya yang semakin kompleks. Menjawab tantangan tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk kembali jalin kerja sama dengan SISI dalam hal penyediaan jasa pengelolaan data pajak tahun 2022. 

Dalam kerjasama ini kedua pihak akan melakukan kolaborasi. SISI sebagai provider Shared Services akan menyediakan profesional yang akan melayani proses bisnis terkait pengelolaan data pajak berupa fisik maupun elektronik sesuai dengan pedoman/instruksi kerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan ruang lingkup yang telah disepakati. 

Commercial Account SISI, Yoga Winanda mengatakan, sebagai penyedia solusi yang mendorong transformasi digital pada bisnis, SISI menaruh perhatian penuh terhadap kerja sama pengelolaan data ini. “Kerja sama ini adalah komitmen kami dalam mengoptimalkan Shared Services, dalam hal ini pengelolaan data di SIG. Melalui pekerjaan ini sekaligus kami harapkan dapat meningkatkan nilai tambah yang berdampak pada peningkatan efisiensi perusahaan.” 

Lebih lanjut Yoga menerangkan, sejauh ini Shared Services atau biasa dikenal alih daya operasional bisnis masih belum populer dilakukan oleh pebisnis di Indonesia. Padahal sebenarnya di mancanegara sudah banyak sekali yang menerapkannya karena memiliki dampak yang signifikan dalam bisnis. “Besar harapan kerjasama ini dapat menjadi percontohan untuk tidak ragu lagi memanfaatkan Shared Service dalam menjalankan bisnis. Menggunakan layanan ini, berarti perusahaan tidak perlu berinvestasi besar untuk sumber daya dan perangkat mahal sehingga bisa meningkatkan cost-efficient.”