Jangan Mudah Tergiur dengan Biaya Pembuatan Aplikasi yang Murah

Friday, 18 September 2020

Hampir semua konsumen akan lebih memilih harga yang murah ketika membeli sebuah produk atau layanan. Namun tahukah Anda jika tidak semua produk/layanan yang murah akan memiliki kualitas yang sesungguhnya dibutuhkan. Seperti contoh, terkadang ketika Anda hendak membeli perangkat elektronik yang murah dengan harapan lebih berhemat, justru jadi merugi di kemudian hari karena barang terlalu cepat rusak. Akibatnya Anda harus membeli baru sekali lagi atau mereparasi dengan harga jasa yang tidak jauh berbeda jika membeli baru.

 

Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan memilih layanan pengembangan perangkat lunak yang Anda butuhkan. Penghematan biaya dalam pembuatan aplikasi web/mobile tentu menjadi faktor paling menarik, tetapi Anda perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Inilah beberapa faktor yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika akan memilih low-cost software development:

  • Kualitas aplikasi

Sah-sah saja jika Anda memilih dengan pertimbangan harga yang murah. Tapi perhatikan lagi kualitas estimasi dan lingkup pekerjaan aplikasi yang akan Anda butuhkan. Tidak jarang terjadi, memilih jasa pengembang aplikasi yang asal murah berakhir dengan kekecewaan dan ketidakpuasan. Masalah kualitas biasanya muncul ketika pengembangan telah sampai pada tahapan pasca produksi. Perbaikan bug yang sering terjadi bisa jadi menambah beban biaya yang lebih banyak lagi.

  • Penyelesaian pekerjaan 

Seringkali dengan memilih jasa developer yang asal murah, Anda akan mendapatkan janji manis saja. Dampak yang paling buruk bisa terjadi pada kegagalan menyelesaikan pekerjaaan. Anda akan butuh waktu lebih banyak lagi untuk menunggu dan menerima produk yang setengah jadi. Pada akhirnya, harga yang Anda bayarkan menjadi lebih tinggi daripada memilih jasa profesional sejak awal. Inilah pentingnya memperhatikan reputasi perusahaan pengembang yang akan Anda pilih.

  • Strategic planning

Pengembangan aplikasi dengan solusi instan yang mengabaikan arsitektur dasar dan skalabilitas aplikasi mungkin dapat mengurangi biaya. Tapi dengan kondisi seperti ini Anda perlu waspada dan siap jika setiap pengembangan fitur baru akan membutuhkan lebih banyak biaya. Aplikasi yang dijanjikan biasanya tidak dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di dalamnya, sehingga dari situlah pengeluaran tambahan datang.

 

Membangun aplikasi yang baik tidak harus menjadi mahal. Dengan strategi dan pendekatan yang tepat, Anda dapat membuat biaya pengerjaan aplikasi jadi lebih rendah dan masuk akal tanpa mengorbankan kualitas. Dan faktor terpenting yang mempengaruhi semua faktor di atas adalah memilih perusahaan penyedia jasa software development yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jika Anda memilih perusahaan yang tepat efisiensi aplikasi dapat ditingkatkan sekaligus mendapatkan kinerja aplikasi yang teruji.