Kejar Pembenahan Digitalisasi Bisnis, PPI Lakukan IT Maturity Level Assessment

Monday, 24 January 2022

Dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas penerapan teknologi informasi dan komunikasi, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) kembali menjalin kerja sama dengan SISI beberapa waktu yang lalu. Kerja sama kali ini dilakukan dalam kegiatan penilaian tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi atau IT Maturity Level Assessment.

Sejalan dengan masterplan program Kementerian BUMN, asesmen IT maturity level ini dilaksanakan sesuai dengan arahan dari Kementerian BUMN yang tertuang dalam surat nomor Surat Menteri BUMN No. S-949/MBU/10/20 perihal Aspirasi Pemegang Saham/Pemilik Modal untuk Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan Tahun 2021 tertanggal 23 Oktober 2020, terkait kewajiban BUMN untuk melaksanakan asesmen IT Maturity Level oleh pihak independen minimal 2 tahun sekali. Proses asesmen dimulai terhitung sejak dimulainya Kick Off Meeting IT Maturity Level ini (18/1) hingga pertengahan April mendatang.

Dalam sambutannya pada Kick Off Meeting, Agus Sunyoto selaku Direksi Pekerjaan dari tim IT Maturity Level PT PPI, menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mendukung kerja sama ini sekaligus sebagai langkah perbaikan digitalisasi perusahaan apabila ditemukan hasil yang kurang memuaskan dalam proses IT Maturity Level. “Saya rasa kerja sama ini wajib dilakukan untuk mendukung kinerja perusahaan dan terciptanya tata kelola perusahaan yang baik dan profesional. Namun kami juga berharap dukungan dari PT SISI untuk kesuksesan asesmen dalam rangka persiapan KPI yg akan dilaporkan nantinya.”

Sejalan dengan hal tersebut, Achmad Tholchah selaku Vice President Digital Solution SISI menyampaikan, “Tentu kami akan berupaya semaksimal mungkin mendukung proses asesmen IT Maturity Level di PPI. Kita semua juga tentu memahami bahwa tata kelola teknologi informasi dalam digitalisasi merupakan hal yang penting guna memberikan nilai tambah bagi bisnis perusahaan.”