Manfaatkan Aplikasi Ini untuk Mendukung Pengembangan Diri

Friday, 28 January 2022

Di era yang serba digital dengan penunjang utama perangkat smartphone seperti sekarang ini, memiliki serangkaian aplikasi yang mampu mendukung potensi diri dalam menjalani keseharian kita sudah menjadi hal yang lumrah. Akibat dari pandemi COVID-19 beberapa waktu kebelakang yang terasa begitu menantang, banyak lika-liku yang terjadi dan terpaksa sebagian besar target yang telah direncanakan harus tertunda dan berjalan mengikuti alur. 

 

Untuk menghadapi tahun 2022 ini, penting bagi kita melakukan pengembangan diri baik dalam bentuk soft skill maupun hard skill. Pengembangan diri ini tentunya akan sangat bermanfaat sebagai penunjang kita dalam meraih berbagai keinginan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung pengembangan diri di tahun ini. 

  1. Mimo

Hidup dalam dunia digital membuat kita menjadi familiar dengan istilah coding. Coding yang merupakan salah satu kemampuan membuat bahasa pemrograman dengan menuliskan kode menjadi sebuah fungsi tertentu. Saat ini, belajar coding bukan lagi menjadi sesuatu hal yang susah. Dengan memanfaatkan smartphone untuk mengunduh aplikasi kita bisa belajar coding dengan mudah. Salah satu  aplikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah Mimo. 

Aplikasi Mimo telah di desain khusus bagi Anda yang ingin belajar coding. Di dalam aplikasi tersebut tersedia berbagai bahasa pemrograman seperti, Python, Kotlin, Swift, HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, Java, C#, C ++, Ruby, Git, command line, dan banyak lagi. Sebanyak lebih dari 280rb pengguna yang telah mendownload aplikasi ini pada playstore. 

  1. Ultimate Guitar

Gitar adalah alat musik yang digemari banyak orang. Untuk mempelajari cara bermain gitar sangatlah mudah saat ini. Hal ini karena Anda bisa menggunakan aplikasi untuk belajar gitar yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. 

Salah satu rekomendasi aplikasi belajar gitar yang dapat Anda coba adalah Ultimate Guitar. Di aplikasi ini, Anda bisa mempelajari sekitar 1,4 juta chord dan tabs secara gratis. Tidak hanya itu, aplikasi Ultimate Guitar juga menyediakan 15.000 lagu yang siap digunakan untuk belajar chord gitar tersebut. 

  1. Duolingo

Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa. Manusia memiliki otak dengan kemampuan untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan, dan kapasitas bahasa yang memiliki kosakata semakin berkembang sepanjang hidupnya. Hal ini berarti, Anda dapat belajar bahasa apapun, kapanpun, dan dari manapun. Belajar bahasa asing dapat dilakukan melalui aplikasi Duolingo. 

Duoling yang merupakan aplikasi yang tersedia di platform android dan IoS ini menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terpopuler bagi pemula saat ini. Pasalnya Duolingo telah diunduh oleh lebih dari 200 juta pengguna dan memiliki sekitar 30 bahasa penerjemah. Dalam aplikasi Duolingo Anda dapat belajar tentang kosa kata, frasa, tata bahasa, ejaan sampai percakapan dalam bentuk bahasa Inggris. Kelebihan lain Duolingo yaitu memberikan laporan harian tentang peningkatan belajar serta materi yang dapat disimpan secara offline. 

  1. Visuapp 

Visuapp, seperti namanya adalah aplikasi untuk membuat papan visi. Aplikasi ini tersedia di Android serta iOS dan tidak berbayar. Anda tidak hanya dapat membuat papan visi, tetapi juga akan membantu Anda merenungkan tujuan Anda dan memvisualisasikannya. Penggunaan aplikasi ini cukup sederhana, Anda dapat menambahkan gambar ke papan visi langsung dari galeri atau mengambil gambar dari internet dan menambahkannya di dalamnya. Anda kemudian akan diminta untuk mengatur waktu di mana Visuapp akan mengirimi Anda pemberitahuan untuk mengingatkan Anda untuk merenungkan tujuan Anda. 

Aplikasi ini juga memiliki varian pro yang menyediakan fitur seperti akses ke papan Feng-Shui dan Jurnal Rasa Syukur di mana Anda dapat menambahkan tiga hal yang Anda syukuri setiap hari. Namun beberapa layanan ini hanya tersedia jika Anda menggunakannya secara premium. 

  1. Lumosity

Aplikasi Lumosity merupakan aplikasi pelatihan otak yang telah dirancang secara ilmiah untuk menargetkan area tertentu dari pikiran manusia dan mengendalikan emosi berbahaya seperti kecemasan, serta untuk meningkatkan memori dan ketajaman otak. Aplikasi ini terdiri dari game yang memfokuskan pada peningkatan memori pengguna, kemampuan pemecahan masalah, rentang perhatian, dan pemikiran. Ada tiga permainan di setiap sesi, dan kamu akan menantang otakmu dalam setiap sesinya.

 

Itu tadi beberapa aplikasi pengembangan diri yang bisa membuat hidup Anda lebih produktif. Tentu saja, perubahan ini tidak bisa terjadi begitu saja, melainkan perlu kemauan dan komitmen untuk menjalankannya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?