Laksanakan Asesmen Tata Kelola IT, Semen Baturaja Gandeng SISI

Monday, 22 November 2021

Sebagai wujud pemenuhan Permen BUMN No. PER-03/MBU/02/2018 Perubahan atas Permen BUMN No, PER-02/MBU/2013 Tentang Tata Kelola Teknologi Informasi, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk gandeng SISI untuk kerjasama dalam melakukan penilaian kapabilitas dan maturitas pengelolaan tata kelola IT. Sebagai lanjutan dari kerjasama tersebut, keduanya gelar Kick Off IT Maturity Level yang diselenggarakan pada tanggal 16 November 2021 lalu melalui virtual video conference. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama SISI yakni Bapak Her Arsa Pambudi, Direktur Keuangan dan Manajemen risiko PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yakni Bapak M. Jamil, VP of Digital Solution SISI yakni Bapak Achmad Tholchah, VP of Management Accounting ICT dan Risk Management PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Bapak A. Faisal Ramadhan, serta berbagai pihak yang terlibat dalam kerjasama  IT Maturity Level ini. 

Pada pelaksanaan asesmen IT maturity level ini nantinya, SISI akan melaksanakan asesmen yang mengacu pada COBIT 2019. COBIT 2019 ini merupakan pengembangan dari COBIT 5 versi sebelumnya. COBIT 2019 memiliki 5 domain dan 40 proses. Kerangka kerja COBIT 2019 sendiri diakui secara global dapat membantu dalam memastikan efektivitas EGIT (tata kelola informasi dan teknologi perusahaan), memfasilitasi implementasi yang telah disesuaikan dengan kondisi bisnis, dan memperkuat peran berkelanjutan sebagai pendorong penting inovasi dalam transformasi bisnis. 

Dalam kesempatan ini, M. Jamil selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menyampaikan pihaknya menyambut kerjasama ini dengan baik dan nantinya diharapkan dapat memaksimalkan teknologi dalam mendukung operasional perusahaan yang memasuki era digital, ”Kerjasama ini sejalan dengan tema ulang tahun PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang kebetulan baru merayakannya yakni “Go Digital”. Saya rasa banyak hal yang bisa kita digitalkan sehingga proses kerja kita jauh lebih cepat dan lebih efisien. Ini juga menjadi tantangan bagi Semen Baturaja dalam mewujudkan “Go Digital” tersebut.” 

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Utama SISI, Her Arsa Pambudi juga menyampaikan, “Akselerasi terhadap digitalisasi dan improvement telah banyak kita lihat di Semen Baturaja ini. Sehingga diharapkan dalam kerjasama ini akan menjadi semacam evaluasi reguler, sehingga ketika ada permasalahan dapat dilakukan mitigasi risiko dengan baik.”