Lewat Webinar, Sofyan Berbagi Wawasan Tentang Pemanfaatan IoT

Friday, 26 November 2021

Pandemi Covid-19 masih belum terlihat ujungnya dan kekhawatiran akan penyebarannya masih tetap ada walaupun mulai menurun. Meskipun begitu rasa optimis tetap harus dipertahankan, khususnya dalam melaksanakan kegiatan yang produktif. Seperti yang oleh Muhammad Ali Sofyan yang biasa disapa dengan Sofyan lakukan beberapa waktu yang lalu, yakni dengan berbagi ilmu melalui webinar mungkin dapat menjadi referensi produktif di masa pandemi ini.

Kegiatan Webinar Nasional dengan tema IoT System Implementation ini diselenggarakan oleh Universitas Duta Bangsa pada hari Sabtu, 20 November 2021 melalui media video conference dan juga live streaming Youtube. Kegiatan ini dilakukan dengan menghadirkan 2 pembicara sekaligus yakni Muhammad Ali Sofyan selaku Advisor Solution Architect SISI dan Nurchim yang merupakan salah satu dosen di Universitas Duta Bangsa.

Wijiyanto selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa dalam sambutannya menyampaikan dirinya sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat  menarik minat dan menumbuhkan ide bagi peserta dalam melakukan pemanfaatan IoT. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan acara. Hari ini sudah banyak aplikasi maupun perangkat yang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tentu kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik dan menjadi kesempatan dan peluang yang lebih.”

Pada webinar kali ini, Sofyan menyampaikan betapa pentingnya Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya manfaat dari IoT adalah menghubungkan dunia fisik ke internet sehingga kita dapat menggunakan data dari perangkat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan. Kecanggihan IoT pun mampu membantu dalam integrasi komunikasi, kontrol serta pemrosesan informasi pada hampir semua lini.

“Kita hidup di era digital. IoT dapat mengubah objek-objek fisik seolah-olah hidup dan memiliki kemampuan sensing, actuating, exchange information, decision maker, dalam memberikan layanan. IoT pada pemanfaatannya harus memiliki nilai-nilai efisiensi, kenyamanan, kemudahan, efektivitas, dan meningkatkan produktivitas. Apabila nilai-nilai itu tercapai, ia bisa melahirkan model bisnis, pelayanan, dan segmen pasar yang menjanjikan,” ujar Sofyan.