Maksimalkan Pengelolaan Bisnis Anda dengan ERP

Monday, 18 April 2022

Saat ini pemanfaatan software ERP oleh perusahaan besar maupun menengah sudah lazim dilakukan. Pemanfaatan ERP dinilai mampu menjalankan bisnis dan dapat meningkatkan produktivitas kerja sehari-hari. Implementasi software ERP pada bisnis bukan lagi sekedar pemanfaatan teknologi, tetapi lebih dari itu dapat dipandang sebagai sebuah investasi.

Investasi teknologi melalui implementasi sistem ERP ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan secara menyeluruh. Hal ini disebabkan karena semua sumber daya dan proses bisnis dapat dikelola dan dialokasikan dengan optimal. Berikut beberapa alasan investasi dengan software ERP menjadi penting bagi bisnis Anda;

 

Tidak Memakan Biaya yang Besar

Kesuksesan investasi pada digitalisasi seperti ERP ini tidak hanya dilihat ketika teknologi tersebut berhasil diaplikasikan pada saat itu juga. Tapi lebih dari itu, apakah teknologi tersebut mampu memperkuat dan menumbuhkan bisnis perusahaan hingga masa mendatang. 

Perlu diingat bahwa software ERP memiliki peranan penting menyatukan banyak sistem secara bersamaan. Software yang satu ini dapat mengakomodasi berbagai departemen atau unit kerja dalam sebuah perusahaan, seperti purchasing, sales, accounting, dan lainnya. Sehingga hanya dengan satu aplikasi, perusahaan dapat menciptakan efisiensi waktu dan biaya dalam melakukan proses bisnisnya.

Menciptakan Kolaborasi

Pemanfaatan sistem ERP dan integrasinya dengan sistem lain akan bermanfaat saat berhadapan dengan proses bisnis yang cukup kompleks. ERP dapat mengintegrasikan semua informasi dari berbagai lokasi yang berbeda. Sistem ini juga mampu mengintegrasikan beberapa aspek kerja bagi perusahaan besar (enterprise) maupun skala menengah dan kecil dalam perencanaan serta pengelolaan sumber daya (resource) untuk mencapai tujuan perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas 

Melalui implementasi software ERP, perusahaan dapat melakukan proses bisnis dengan lebih efisien. Apalagi untuk perusahaan dengan skala bisnis yang semakin tumbuh dan berkembang, ERP dapat mempermudah proses penyediaan barang, penyimpanan, pengadaan, distribusi, pemasaran, penjualan, perencanaan, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang menggunakan ERP dalam operasional bisnisnya akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari alur dan proses bisnis menjadi lebih efisien sehingga karyawan dapat lebih produktif, mencegah double input karena human error, dan pembuatan laporan bisnis serta keuangan lebih menjadi lebih cepat dan akurat. Hal ini akan berdampak pada bisnis yang menjadi lebih scalable karena dapat dimonitor dengan lebih optimal.

Keamanan Terjaga

Software ERP memiliki fungsi pembatasan dan kontrol untuk mencegah pelanggaran data. Seluruh data disimpan dalam sistem yang terpusat berupa cloud, sehingga akses dapat dimonitor dengan ketat dan keamanannya pun terjamin dengan baik. Sistem ERP juga menyediakan fitur admin yang akan bertanggung jawab mengelola data perusahaan serta dapat memberikan hak akses terbatas pada karyawan.

Sukses atau tidaknya penerapan ERP pada suatu perusahaan, dipengaruhi oleh banyak hal khususnya dukungan dari manajemen dan karyawan. Investasi dalam implementasi ERP ini menjadi hal yang penting, namun harus dipelihara dengan baik dan selalu dikembangkan agar dapat mendukung rencana strategis perusahaan dan mencapai tujuan bisnis jangka panjang. 

 

Salah satu software ERP indonesia yang memberikan banyak fitur menarik untuk kemudahan bisnis Anda adalah FORCA ERP. Dirancang khusus untuk memudahkan Anda melakukan operasional perusahaan dengan berbagai modul yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai FORCA ERP, Anda dapat melakukan konsultasi dengan kami. Jadwalkan segera!