Mobile Absensi FORCA ESS, Solusi Praktis Kelola Presensi Karyawan

Monday, 21 September 2020

Pengelolaan jam kerja dan kehadiran karyawan merupakan salah satu bagian vital dari pekerjaan Human Capital (HC) dalam menjalankan bisnis perusahaan. Namun, semenjak diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home), maka rekam kehadiran karyawan saat ini tidak dapat lagi dapat dilakukan dengan cara biasa seperti saat bekerja dari kantor dengan menggunakan mesin fingerprint

Berlandaskan hal tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) tbk bersama SISI bekerja sama mengadaptasi teknologi dalam proses manajemen presensi karyawan melalui aplikasi FORCA ESS (FORCA Employee Self-Service). Kerja sama ini ditandai dengan adanya Surat Perintah Kerja (SPK) beberapa waktu yang lalu. Saat ini FORCA ESS telah menjadi solusi praktis untuk merekam kehadiran, lokasi, dan keterangan penting setiap karyawan yang melakukan absensi. Dengan penggunaan aplikasi ini, seluruh karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk beserta anak usaha telah dapat melakukan absensi melalui smartphone.

Ali Sofyan selaku Operational Human Capital Officer PT Semen Indonesia (Persero) tbk menjelaskan, “Pandemi ini secara tidak langsung telah membuat perubahan dalam operasional bisnis di lingkungan kerja PT Semen Indonesia (Persero) tbk, dimana teknologi akan memiliki peran yang besar. Salah satunya dengan penerapan absensi online sebagai aplikasi rekam kehadiran karyawan. Perusahaan dan karyawan dapat merasakan sendiri kemudahan absensi secara online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sehingga bisa diprediksikan absensi melalui mobile presensi akan menjadi tren meskipun pandemi berakhir.”

Dengan penerapan aplikasi FORCA ESS ini diharapkan dapat membantu Human Capital (HC) dalam memonitor kehadiran karyawan saat pemberlakuan work from home. Fitur rekam kehadiran yang otomatis tercatat ke dalam database yang sudah terintegrasi akan mendukung pengelolaan karyawan dengan lebih mudah dan cermat. Adanya fitur kuesioner kesehatan juga diharapkan akan membantu Human Capital (HC) dalam melakukan monitor karyawan terkait kesehatan di tengah pandemi saat ini.