PT Dahana (Persero) Percayakan SISI untuk Digitalisasi Pengelolaan Human Capital

Monday, 6 September 2021

Era revolusi industri 4.0 saat ini telah menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi bisnis. Perkembangan teknologi terkini telah memungkinkan pemilik bisnis lebih adaptif terhadap digitalisasi dalam berbagai aspek, seperti pelayanan, transaksi keuangan, serta pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Begitu juga bagi PT Dahana (Persero), untuk dapat memaksimalkan kinerja, pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu inisiatif strategis perusahaan. Upaya ini yang kemudian terwujud melalui kerjasama dengan SISI dalam pembuatan aplikasi HCIS (Human Capital Information System) dan LMS (Learning & Knowledge Management System).

Aplikasi ini sendiri merupakan solusi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) berbasiskan framework HCIS yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar karyawan dan memudahkan dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses bisnis SDM di perusahaan. Di dalam aplikasi ini nantinya akan terdapat beberapa modul seperti Organization Management, Employee Self-Service, Travel/ Perjalanan Dinas, Payroll, dan beberapa modul lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. 

“Kami berusaha terus mendukung berbagai bisnis untuk melakukan transformasi digitalnya. Secara sistem nantinya bukan hanya ada HCIS, tetapi juga ada fitur LMS (Learning & Knowledge Management System) di mana pengguna nantinya dapat saling berbagi pengetahuan untuk digunakan dan dipelajari kembali demi keberhasilan perusahaan dalam proses mencapai tujuan,” ujar Arif Wicaksono selaku Project Manager SISI dalam proyek ini. 

Dalam kesempatan yang sama Arif juga menjelaskan, langkah kerjasama ini merupakan metode untuk lebih meningkatkan efektivitas sistem manajemen perusahaan yang berbasis teknologi, terlebih lagi saat ini digitalisasi sudah menjadi poin penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Otomatisasi pengelolaan SDM dengan memanfaatkan aplikasi HCIS memungkinkan manajemen untuk dapat meningkatkan produktivitasnya dan performa bisnisnya.