Ketahui Karakter Profesional dalam Bekerja dengan 5 Ciri Ini

Friday, 3 September 2021

Lazimnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, kita dituntut untuk melakukannya dengan penuh tanggung jawab, disiplin dan jujur, sehingga menghasilkan jiwa yang profesional. Ternyata dalam melakukan hal selain pekerjaan kita tetap membutuhkan sikap profesional. Profesional bisa dipahami sebagai cara seseorang berperilaku untuk mewakili dirinya sendiri dan perusahaan maupun instansi dengan langkah yang positif. Kualitas profesionalisme seseorang biasanya didukung dengan ciri-ciri pada sikap dan karakter individu sebagai berikut:

 

1.Tepat waktu

Saat kita melakukan pekerjaan, kita dituntut untuk selalu tepat waktu. Ketika memasuki dunia profesional, kita juga didorong untuk selalu teratur memastikan untuk memahami tugas, prioritas, dan tenggang waktu yang dikerjakan. Dengan mengetahui prioritas dan tujuan pekerjaan, dapat membantu kita menjadi profesional yang baik dan selalu mengetahui tenggang waktu yang dikerjakan.

2.Memiliki tanggung jawab dan berintegritas

Seseorang yang profesional dalam bekerja tentu memiliki karakter yang baik untuk memberikan contoh kepada bawahan maupun rekan kerjanya. Karyawan yang profesional selalu menampilkan yang terbaik di setiap pekerjaanya, karena ia tahu bahwa ia harus menjadi rujukan bagi yang lain agar bisa terus menampilkan kualitas diri yang terbaik.

Selain itu memiliki integritas yang mengutamakan nilai kebenaran, kejujuran, keadilan, dan memiliki prinsip moral yang kuat juga wajib dimiliki oleh seorang yang profesional. Hal ini tidak hanya dapat membangun budaya kerja yang baik, tapi juga meningkatkan kualitas diri sendiri.

3.Memiliki kode etik yang baik

Pentingnya profesionalitas dalam bekerja menuntut kita untuk selalu berusaha bersikap baik, termasuk dalam beretika yang meliputi cara bersikap, cara berkomunikasi, hingga pengambilan sebuah keputusan. Seorang karyawan yang profesional sebaiknya menerapkan kode etik pada setiap aktivitas pekerjaannya. Meskipun membutuhkan latihan untuk terbiasa menggunakan kode etik dengan baik, tetapi perlahan kita akan terbiasa. 

4.Memiliki perencanaan yang baik

Seorang profesional dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang dibutuhkan. Kebanyakan dari seorang profesional memiliki area kerja yang rapi dan teratur. Seorang karyawan yang profesional akan berorientasi kepada masa depan, sehingga ia memiliki keahlian melakukan perencanaan yang baik dalam mengantisipasi perkembangan yang ada di depannya. Selain itu juga karakter profesional juga memiliki kecermatan dalam menentukan mana yang terbaik bagi dirinya dan orang sekitar.

5.Kembangkan kualitas dan pengetahuan

Seorang yang profesional dalam bekerja memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan yang lain. Biasanya seseorang dengan karakter tersebut, mempunyai ilmu pengetahuan dan pengalaman yang luas, serta memiliki kecerdasan khusus untuk menganalisis permasalahan dan peka terhadap situasi. Seorang profesional memiliki komitmen yang kuat pada profesinya, sehingga tak jarang mereka akan haus ilmu dan selalu mencoba perbaiki kualitas diri melalui berbagai macam pelatihan maupun sekolah akademik lainnya. 

 

Itulah beberapa ciri karakter profesional yang wajib Anda miliki dalam diri dan diterapkan ke dunia kerja. Semoga ciri tersebut dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi Anda dalam bekerja dengan mengedepankan kualitas bukan hanya sekedar kuantitas. Karena profesionalisme diri sangat dibutuhkan pada era sekarang, di mana persaingan bisnis semakin ketat dan berkembang pesat.