Tingkatkan IT Maturity Level, BRI dan SISI Lakukan Kick Off Meeting Asesmen Tata Kelola IT

Monday, 1 November 2021

Segenap karyawan dan jajaran manajemen Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama SISI mengadakan Kick Off Meeting Asesmen Tata Kelola IT pada Kamis, 28 Oktober lalu secara virtual. Kegiatan ini dilakukan sebagai pertanda dalam memulai kerjasama pada program asesmen tata kelola IT melalui layanan Assessment SISI di lingkungan BRI beserta 6 anak perusahaannya.

Dalam pengukuran tingkat maturitas tata kelola IT ini, layanan Assessment SISI mengacu pada framework COBIT 2019 sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian BUMN yang menyarankan pengukuran tingkat maturitas tata kelola IT minimal menggunakan framework COBIT 5 atau diatasnya. COBIT sendiri merupakan kerangka kerja untuk tata kelola dan manajemen informasi dan teknologi yang ditujukan untuk seluruh bagian dalam perusahaan secara umum.  Dengan kata lain, ruang lingkup pada pekerjaan ini merupakan IT perusahaan yang tidak terbatas pada departemen IT dari suatu organisasi tetapi mencakup pada keseluruhan bagian perusahaan.

Menurut Indra Utoyo selaku Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, “IT maturity level ini merupakan salah satu indikator yang penting dan kita sebagai perusahaan dengan mengandalkan sistem IT sebagai penggerak utama, perlu mengetahui sejauh mana sistem kita bisa menopang operasional bisnis. Diharapkan nantinya dapat dijadikan acuan untuk kita meningkatkan tingkat maturity level serta kapabilitas perusahaan.”

Sesuai dengan kesepakatan pada masterplan program, sebelum kegiatan dimulai karyawan diajak untuk lebih mengenal cara kerja asesmen maturity level melalui kegiatan sharing session pada Rabu lalu (27/10). Kemudian pada kegiatan kick off sendiri, juga telah dilakukan pemaparan ruang lingkup pekerjaan, perkenalan tim yang terlibat, penjelasan proyek timeline dan sesi tanya jawab. Melalui sinergi BUMN ini, diharapkan nantinya dapat menjadi acuan perusahaan untuk memastikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dapat berjalan pada seluruh aspek perusahaan induk dan perusahaan anak dengan baik.