Mengenal Modul Manajemen Material pada FORCA ERP

Tuesday, 25 October 2022

Implementasi Enterprise Resources Planning (ERP) termasuk investasi besar atas waktu, uang dan sumber daya yang berharga, baik Anda mengupgrade sistem ERP saat ini atau memulai dari awal.

Selama bertahun-tahun, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak usaha PT Semen Indonesia, berupaya membantu ratusan organisasi merampingkan proses bisnis mereka, memilih perangkat lunak ERP dan menerapkan solusi ERP yang lengkap.

Saat ini sistem ERP ini tak hanya dipakai oleh perusahaan dengan skala besar, tetapi juga menengah dan UMKM. Salah satu software ERP buatan Indonesia yakni FORCA ERP. FORCA ERP adalah salah satu jenis software ERP kelas dunia karya anak bangsa yang diluncurkan oleh SISI pada 2016.

 

Material Management & Implementasinya

Modul ini berfungsi untuk melakukan perencanaan dan pengendalian stok produk Anda dengan mengatur pembelian material, mengelola penyimpanan, dan inventarisasi material.

Fitur-fitur dalam modul Material Management ini meliputi master data, transaction, dan report. Berikut rinciannya:

  1. Master Data
    • Business Partner (Vendor)
    • Product
    • Unit of Measure
    • Price List
  1. Transaction
    • Requisition
    • Purchase Order
    • Material Receipt
    • Confirmation
    • Invoice (Vendor)
    • Inventory Move
    • Internal Use
    • Physical Inventory
    • Cost Adjustment
    • Return of Vendor
    • Invoice Credit Memo
  1. Report
    • Requisition Details
    • Order Details
    • Transaction Details
    • Product Cost Details
    • Invoice Transaction

 

FORCA ERP ini diyakini dapat mengoptimalisasi proses bisnis melalui integrasi antara menu satu dengan menu lainnya pada modul Material Management sehingga semua bentuk transaksi di dalam modul tersebut harus ada dasarnya. Hal ini yang berperan penting untuk meminimalisir permintaan-permintaan yang kurang efektif sehingga kontrol dari unit pengadaan sangat terbantu.

Beberapa perbedaan setelah menggunakan sistem FORCA ERP, perusahaan yang menggunakan sebelum memakai sistem ini masih melakukan semua proses secara manual. Misalnya, permintaan dan  kontrol stok antar gudang selalu membutuhkan waktu karena harus membuat laporan secara manual.

Setelah menggunakan FORCA ERP, seluruh permintaan barang dan stok antar gudang dapat dengan mudah diketahui karena FORCA ERP terintegrasi di setiap gudang.

Selain itu, pengembangan lain dalam modul FORCA ERP tentunya terkait dengan sistem pelaporan, karena laporan merupakan sebuah output yang digunakan untuk bahan evaluasi untuk memudahkan pengambilan keputusan bisnis. Maka dalam software FORCA ERP akan mengembangkan kecepatan dan keakuratan dalam sebuah reporting terkait dengan stock. 

 

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu model layanan software sistem ERP secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support atau helpdesk operasional 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur sehingga terjaga tetap up to date.

 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.