12 Software ERP Solusi Terbaik untuk Online Bisnis Retail dan E-Commerce

Tuesday, 6 September 2022

ERP adalah teknologi yang memberi solusi bagi perusahaan yang bergerak di sektor bisnis manufaktur dan distribusi. ERP juga memainkan peran penting untuk sektor keuangan, akuntansi, manajemen risiko, dan dapat digunakan untuk perusahaan lintas industri.

Saat ini, ERP menjadi semakin penting bagi bisnis dan penjual online. Untuk menonjol di tengah persaingan online yang sengit, perusahaan perlu menyatukan berbagai proses bisnis, terlepas dari departemen atau divisi.

Penjualan ritel dari platform e-commerce terus tumbuh, yang tentunya pasar juga dipenuhi dengan berbagai solusi ERP. Beberapa lebih cocok untuk usaha kecil, sementara yang lain baik untuk perusahaan dalam industri tertentu, seperti produksi makanan atau fashion.

 

Fitur seperti manajemen inventaris, fungsi kontrol, estimasi harga, analisis bobot, dan lainnya sama pentingnya dengan melacak penjualan dan penawaran di platform e-commerce Anda. Jika perusahaan Anda sedang mencari upgrade, berikut software ERP terbaik untuk e-commerce dan bisnis online lainnya yang dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda.

  1. Acumatica

Acumatica menyediakan solusi berupa perangkat lunak untuk manajemen bisnis yang berbasis cloud dan browser untuk bisnis kecil dan menengah. Dengan fitur ritel dan e-commercenya, perusahaan dapat memanfaatkan solusi omnichannel yang mampu mengelola hingga tingkat inventaris, mempertahankan pelanggan, mengotomatisasi proses bisnis, mengelola pesanan, menghubungkan etalase dan kantor belakang, dan tetap fleksibel. 

  1. Aptean

Aptean didirikan pada 2012 setelah merger antara Consola Corporation dan CDC Software. Perusahaan ini juga menyediakan solusi ERP untuk berbagai pasar keuangan dan manufaktur. Software ERP Aptean memberikan solusi kepada lebih dari 9.000 pelanggan di lebih dari 100 negara di bidang manufaktur, distribusi, teknologi tinggi, transportasi, ritel, pemerintah, real estate, layanan keuangan, kesehatan, dan industri nirlaba.

  1. Blue Link

ERP Blue Link menawarkan solusi all-in-one yang terintegrasi penuh dengan distributor dan grosir skala kecil hingga menengah. Solusi ERP e-commerce Blue Link dapat melengkapi bisnis Anda dengan manajemen inventaris, entri pesanan, dan fungsionalitas akuntansi untuk situs web B2B dan B2C. ERP Blue Link juga menawarkan integrasi e-commerce ERP pre-built dengan platform lain, termasuk Shopify, Amazon, Magento, dan eBay.

  1. Brightpearl

Software ERP Brightpearl adalah platform unik yang dibangun untuk bisnis ritel dan grosir. Produknya mencakup berbagai lini, termasuk manajemen pesanan penjualan, manajemen inventaris, akuntansi ritel, dan purchasing & supplier management.

  1. DDI System

DDI System menawarkan ERP yang menargetkan perusahaan distributor grosir. Perusahaan ini terkenal dengan teknologi dan pengalaman di industrinya. Software ERP DDI System menyediakan fitur untuk meningkatkan operasi, meningkatkan margin, dan berkembang di pasar yang kompetitif dan terus bertumbuh.

  1. Epicor

Epicor Software Corporation menyediakan perangkat lunak khusus industri manufaktur, distribusi, ritel, dan layanan. Epicor juga menawarkan konsultasi, pembaruan, migrasi, pendidikan, keamanan siber, dan layanan implementasi untuk membantu kliennya mengembangkan bisnis berkelanjutan.

  1. Infor

Infor adalah penyedia perangkat lunak berbasis cloud untuk manufaktur, distribusi, produk konsumen, sektor publik, energi, perawatan, kesehatan, perhotelan, dan industri jasa. Fitur ritel dan e-commerce Infor dapat membantu pengguna mengelola kompleksitas kebutuhan, merespons tren pasar yang berubah, mempertahankan margin siklus hidup, dan mengoptimalkan inventaris, tenaga kerja, data, perencanaan, dan upaya manajemen rantai pasokan.

  1. Intact

Software Intact dikenal sebagai penyedia Intact iQ yang fleksibel, solusi ERP yang dirancang untuk bisnis kecil dan menengah. Perangkat lunak Intact iQ menyediakan outlet e-commerce dengan solusi ritel end-to-end yang dilengkapi dengan manajemen inventaris, CRM, intelijen bisnis, pemrosesan pesanan, keuangan, EPOS, dan fungsi e-commerce lainnya. Solusi ERP Intact dapat digunakan di beberapa perangkat seluler berkat kemampuan cloud-nya dan mencakup platform email bawaan dan fungsionalitas pesan SMS.

  1. Microsoft

Dynamics 365 mampu melampaui sistem ERP tradisional dengan menghadirkan fungsionalitas perencanaan sumber daya perusahaan yang komprehensif dan aplikasi Office 365 yang tentunya sudah Anda ketahui dalam satu layanan berbasis cloud. Dynamics 365 juga bakal melengkapi pengguna dengan wawasan untuk membantu Anda membuat keputusan berdasarkan data guna meningkatkan kinerja bisnis.

  1. NetSuite

Selama lebih dari 20 tahun, Oracle NetSuite telah membantu berbagai perusahaan tumbuh, berkembang, dan beradaptasi dengan perubahan. NetSuite menyediakan rangkaian aplikasi berbasis cloud untuk e-commerce dan gerai ritel. Softwarenya berbasis web dan dapat dioperasikan di berbagai browser Internet. NetSuite memastikan keamanan data dengan menggunakan kontrol keamanan dan pusat data bawaannya.

  1. SAP

SAP menyediakan perangkat lunak ERP generasi berikutnya S/4HANA yang menawarkan fungsionalitas yang kuat di banyak industri, termasuk manufaktur, layanan, ritel, distribusi grosir, dan banyak lagi. S/4HANA menawarkan aplikasi yang mencakup manajemen hubungan pelanggan, keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen siklus hidup produk. Perangkat lunak ini melayani usaha kecil hingga menengah dengan seratus karyawan dan pendapatan tahunan kurang dari USD 75 juta.

  1. FORCA ERP

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu model jasa penyediaan software sistem ERP secara komprehensif. Mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun, support/helpdesk operasional yang mendampingi dan membantu user selama 24×7, hingga pengembangan fitur-fitur ERP (RnD) sehingga terjaga tetap up to date.

 

Sistem FORCA ERP ini memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda dalam bentuk agility dan biaya operasional yang rendah. Sebagai karya anak bangsa yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak usaha PT Semen Indonesia, FORCA ERP dirancang khusus untuk mengelola proses bisnis pada semua level perusahaan, dan akan menyentuh setiap bagian dari proses bisnis perusahaan Anda.

Dengan FORCA ERP, bisnis e-commerce Anda dapat memperkirakan permintaan, membuka visibilitas real-time ke dalam kinerja bisnis, mengelola proses dari perangkat seluler, melindungi bisnis Anda dari ancaman keamanan siber, meningkatkan pengalaman belanja online, memberi penghargaan kepada pelanggan dengan diskon khusus, dan banyak lagi.

Demikian 12 software ERP terbaik yang dapat membantu bisnis online dan retail Anda. Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan software ERP sebagai solusi bagi proses bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.