Tips Memilih Software ERP untuk Pebisnis Pemula

Wednesday, 7 September 2022

Sistem ERP pada dasarnya sudah semakin banyak digunakan untuk bisnis. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan software yang dapat berfungsi untuk membantu memudahkan sistem operasional suatu bisnis. Jadi, dengan adanya ERP maka sistemnya jadi lebih cepat dan juga efisien. Para pelaku industri pun kini lazim menggunakan teknologi sistem ERP. Meski demikian, tidak sedikit orang yang belum mengenal betul sistem ERP ini. 

Secara umum, ada tiga komponen dalam sistem ERP, yakni perusahaan (enterprise), sumber daya (source), dan perencanaan (planning). Maksud sumber daya di sini dapat berupa manusia, aset, atau modal. Apabila kurang satu elemen saja dalam sistem ini, maka tidak bisa menyebut bahwa ERP itu layak untuk digunakan.

Sistem ERP ini bisa diimplementasikan di segala macam bidang industri, mulai dari retail, manufaktur, hotel, restoran, travel, pendidikan dan bahkan organisasi maupun instansi lainnya yang memiliki sistem komputerisasi.

 

Lalu sebenarnya apakah setiap perusahaan harus menggunakan software ERP ini? Tentu saja jawabannya kembali lagi pada kebutuhan dan skala prioritas masing-masing perusahaan. Hanya saja, jika Anda ingin mengembangkan perusahaan dengan lebih efisien dan cepat, ERP bisa menjadi jawaban untuk memaksimalkan proses tersebut. 

Perusahaan dari berbagai jenis industri mendapat kemudahan dari software ERP, lalu bagaimana cara memilih software ERP untuk pebisnis pemula? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memilih perangkat ERP untuk bisnis.

  1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Salah satu tips yang bisa dicoba untuk memilih perangkat ERP adalah menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Hal ini karena setiap perusahaan atau bisnis mempunyai tantangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda bisa memilih perangkat yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap bisnis. Akan lebih baik jika Anda paham dengan tantangan atau solusi yang diinginkan dari sistem ERP.

  1. Memperhatikan Durasi Implementasi

Tips kedua yang bisa Anda lakukan untuk memilih software ERP terbaik adalah dengan memperhatikan durasi implementasi. Hal ini karena jumlah kustomisasi sistem akan mempengaruhi proses implementasi perangkat ERP.

Semakin banyak penyesuaian, maka proses implementasinya pun akan semakin lama. Anda bisa memilih implementasi ERP dengan basis cloud karena lebih cepat jika dibandingkan dengan implementasi ERP on-premise.

  1. Memperhatikan Penyedia Layanan ERP 

Ada lagi tips atau faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih perangkat ERP, yakni memperhatikan penyedia layanan atau vendor ERP. Anda bisa mencari tahu informasi detail mengenai vendor ERP untuk menemukan perangkat terbaik yang sesuai dengan bisnis.

 

Saat ini SISI juga menyediakan FORCA ERP yang merupakan software ERP yang difungsikan sebagai layanan (SaaS). FORCA ERP mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis. 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.