Lindungi Perusahaan dan Kelola Risiko Bisnis dengan Firms

Monday, 5 September 2022

Setiap bisnis rentan terhadap risiko yang bisa terjadi dari berbagai macam faktor baik internal maupun eksternal, yang dapat mengganggu atau bahkan menghancurkan bisnis perusahaan. Ketika bisnis ingin bergegas maju dengan transformasi digital, ada baiknya Anda dapat menerapkan langkah-langkah perlindungan terhadap kemungkinan risiko yang terjadi.

Manajemen risiko lazimnya harus menjadi agenda utama organisasi dan tertanam dalam struktur cara kerja tim agar perusahaan dapat lebih kompetitif. Dalam hal ini, kami akan memberikan panduan tentang jenis risiko yang dihadapi bisnis, serta praktik terbaik tentang cara mengelola risiko tersebut dengan benar. Namun sebelumnya simak dulu beberapa risiko yang biasa terjadi dalam perusahaan:

 

  1. Risiko Teknologi

Semakin masifnya perkembangan teknologi saat ini, tidak menutup kemungkinan juga semakin banyak berkembang kejahatan yang terjadi di dunia maya. Mereka menemukan berbagai cara untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencurian identitas dan penipuan keuangan, semua melalui online, malware, serangan phishing, dan sejenisnya.

  1. Risiko Keuangan

Bagi setiap perusahaan risiko keuangan bisa saja terjadi kapan pun. Contohnya seperti memperpanjang kredit atau menambah beban utang organisasi. Ini akan membawa risiko keuangan seperti kemungkinan kondisi ekonomi, suku bunga yang berfluktuasi, dan faktor lain mungkin membuat perusahaan tidak dapat lagi membayar tagihan.

  1. Risiko Reputasi

Semua bisnis pasti ajan menghadapi risiko bahwa pelanggan yang tidak puas, publikasi yang buruk, tuntutan hukum, dan peristiwa lainnya dapat merusak reputasi perusahaan. Namun, dengan munculnya teknologi yang semakin berkembang saat ini seperti sosial media, berita buruk dapat menyebar dengan sangat cepat dan memperbesar risiko reputasi perusahaan.

  1. Risiko Kelangsungan Usaha

Risiko kelangsungan bisnis ini dapat terjadi dari berbagai faktor, seperti akibat bencana alam, gangguan server, atau serangan keamanan siber yang menyebabkan aplikasi bisnis down. Hal ini dapat mempengaruhi risiko kelangsungan usaha Anda untuk dapat bergerak maju atau tidak.

 

Beberapa contoh di atas merupakan risiko bisnis yang seringkali kita temui. Namun, manajemen risiko yang tepat tentunya dapat membantu Anda menyempurnakan pekerjaan dengan lebih baik dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan customer. 

 

Meskipun Anda tidak pernah dapat menghilangkan risiko sepenuhnya, namun Anda dapat melakukan mitigasi dengan dukungan aplikasi seperti Firms. Firms merupakan aplikasi terpadu pengelolaan risiko perusahaan yang akan membantu Anda dalam melakukan mitigasi dan tindakan pengendalian risiko bisnis. Agar dapat lebih optimal penggunaannya, ada baiknya ada perhatikan beberapa tips berikut sebelum mengimplementasikannya.

Sosialisasi kepada untuk tim

Sebelum menggunakan aplikasi Firms, Anda dan seluruh karyawan harus memahami dengan benar teknologi tersebut. Pelajari fungsi-fungsinya dengan teliti agar dapat mengetahui manfaat yang nantinya dapat Anda peroleh setelah menggunakannya. Pastikan bahwa Anda dan karyawan dapat memahami bahwa teknologi ini dapat membantu kinerja Anda dan tim menjadi lebih aman dan nyaman karena dapat mengetahui risiko dan penangananya dengan lebih cepat.

Pada praktiknya sebelum menggunakan aplikasi akan diadakan serangkaian sosialisasi dan pelatihan bagi karyawan agar lebih memudahkan penggunaan nantinya. Pada saat awal penggunaan, akan lebih baik jika Anda sering melakukan monitoring secara berkala untuk mengetahui sejauh mana karyawan dapat menggunakan data dan mengakses sistem dengan benar.

Hak akses sesuai job desk

Semua sistem informasi, baik perangkat keras lokal atau perangkat lunak berbasis cloud, harus dilindungi dengan protokol keamanan yang komprehensif. Ada baiknya Anda mengklasifikasikan pengguna yang diberikan hak akses sesuai dengan job desk pekerjaannya. Lakukan pengecekan secara berkala terhadap aplikasi yang digunakan.

Terapkan rencana pemulihan bencana & kelangsungan bisnis

Seperti penjelasan di atas, tidak menutup kemungkinan terjadinya risiko kelangsungan bisnis yang diakibatkan bencana alam dan sejenisnya bisa saja terjadi. Pastikan aplikasi Firms yang Anda gunakan telah beroperasi berbasis dengan cloud, hal ini akan memudahkan dan memberikan cadangan serta redundansi jika terjadi bencana alam, pemadaman listrik, atau kesalahan manusia. Bahkan jika properti fisik atau perangkat keras Anda hancur, Anda tidak perlu lagi khawatir sehingga Anda dapat melanjutkan kerja dengan aplikasi ini.

Pemanfaatan aplikasi risk management Firms ajan memberikan Anda wawasan dan efektivitas strategi manajemen risiko perusahaan dengan lebih cepat. Anda juga sewaktu-waktu dapat mengambil keputusan yang lebih strategis berdasarkan pertimbangan data yang tersaji dalam aplikasi. 

Kelola risiko perusahaan dengan aplikasi terbaik dari kami dan pelajari lebih lanjut bagaimana Firms dapat membantu Anda. Hubungi kami!